©shutterstock

Pentingnya Imunisasi Bagi Si Kecil

Sebagai orangtua, tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati. Sebisa mungkin Anda melindunginya dari penyakit dan cedera selama tumbuh kembangnya. Tapi tahukah Anda cara terbaik untuk melindungi si kecil adalah memberikan imunisasi pada si kecil.

Ada banyak alasan orangtua tidak memberikan imunisasi, misalnya takut anak sakit setelah divaksin, biaya yang mahal, dan repot karena harus mengikuti jadwal imunisasi yang sudah ditentukan. Agar Anda semakin yakin, simak dulu pentingnya imunisasi bagi anak.

Menyelamatkan hidup anak

Menurut dokter anak Vincent Iannelli, M.D., kemajuan dunia medis telah melindungi anak dari penyakit yang berbahaya. Beberapa penyakit pernah menjadi wabah dan menghilangkan banyak jiwa, sebelum diketemukannya vaksin. Misalnya penyakit polio yang mematikan dan membuat penderitanya lumpuh, kini langka terjadi di Amerika Serikat, karena program imunisasi polio yang dijalankan di negara tersebut.

Aman dan efektif

Imunisasi hanya diberikan pada anak setelah uji coba yang membutuhkan waktu relatif lama dan proses yang rumit oleh peneliti, dokter, dan ahli kesehatan. Vincent mengatakan, efek samping yang terjadi setelah imunisasi seperti demam, kulit kemerahan, dan bengkak tidak berarti jika dibandingkan dengan sakit dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh penyakit.

Melindungi dari penyebaran penyakit

Anak yang tidak diimunisasi, jika terkena penyakit menular dapat menjadi media penyebaran penyakit tersebut. Misalnya penyakit campak dan batuk pertusis yang mudah menular dan berdampak buruk hingga menyebabkan kematian. Vincent berpendapat, melakukan imunisasi pada anak, tidak hanya melindungi si kecil dari dampak buruk penyakit, tapi juga menghentikan penyebaran penyakit tersebut agar tidak semakin meluas.

Menghemat biaya dan waktu

Bisa dibayangkan berapa banyak waktu dan biaya yang dikeluarkan jika si kecil terjangkit TBC atau difteri? Tentunya lebih banyak ketimbang memberikan imunisasi pada anak. Vincent setuju bahwa imunisasi adalah investasi terbaik yang bisa Anda berikan pada si kecil. Apalagi akhir-akhir ini, pemerintah sudah menggratiskan imunisasi wajib bagi anak-anak, sehingga biaya sudah bukan hambatan lagi.

Sudah tidak ragu lagi kan untuk memberikan imunisasi lengkap bagi anak? Silakan mengunjungi dokter atau lembaga kesehatan untuk mengimunisasi si kecil ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait