Pentingnya Kenalkan Sejarah Kepada Si Kecil

Selain sebagai pengetahuan, sejarah merupakan catatan rentetan peristiwa, sehingga terdapat hikmah atau pelajaran yang bisa kita ambil untuk menentukan masa depan. Waktu paling tepat untuk memperkenalkan sejarah adalah sejak usia dini.

Tak hanya sekolah yang memberikan pendidikan sejarah kepada si kecil, orang tua pun sebaiknya sudah mengenalkan sejarah pada si kecil sejak dini. Mengenalkan sejarah kepada anak sejak dini, ibarat menanam bibit yang baik, sehingga akarnya akan kuat dan kelak akan menghasilkan pohon yang baik.

Bagi Ibu, mungkin terasa berat untuk mengajarkan sejarah pada si kecil, apalagi Indonesia memiliki sejarah yang panjang dari zaman kerajaan hingga zaman penjajahan sampai akhirnya meraih kemerdekaan. Namun tenang Bu, coba berikan sejarah-sejarah yang Ibu ketahui saja. Meskipun si kecil belum banyak mengerti mengenai sejarah, tapi setidaknya dengan pengetahuan yang Ibu berikan akan memberikan pengaruh yang sangat baik. Kenalkan sejarah kepada si kecil dengan cara yang lebih mudah dan menarik bagi anak seperti berikut ini.

  • Mengunjungi Museum

Mengunjungi tempat bersejarah seperti museum bisa jadi pilihan yang tepat untuk memperkenalkan sejarah kepada si kecil. Dengan mengunjungi museum, si kecil bisa mendapatkan banyak informasi, seputar tempat bersejarah, benda-benda bersejarah, dan lainnya

  • Wisata Budaya

​Sejarah Indonesia sangat kaya, salah satunya adalah peninggalan tempat bersejarah sejak zaman kerajaan ribuan tahun yang lalu. Ibu bisa mengajak si kecil beserta keluarga untuk melakukan wisata budaya ke tempat bersejarah seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan dan candi lainnya yang terdapat di Indonesia. Jelaskan sejarah awal tempat bersejarah ini, sejak kapan berdiri dan kerajaan apakah yang saat itu berkuasa.

  • Kisah Pahlawan Nasional

Menceritakan kisah pahlawan nasional juga bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengenalkan sejarah kepada si kecil. Jelaskan sifat-sifat baik yang dimiliki oleh pahlawan nasional tersebut dan ceritakan bagaimana perjuangan mereka dalam meraih kemerdekan bangsa Indonesia.

  • Mengobrol dengan Kakek dan Nenek

Ibu juga bisa mengajak si kecil untuk mengobrol dengan kakek atau nenek untuk menceritakan tentang kisah hidupnya saat muda dulu. Ajak si kecil untuk bertanya bagaimana hidup kakek dan nenek sebelum kemerdekaan RI atau jika kakek adalah seorang tentara, bagaimana perjuangannya membela bangsa Indonesia terhadap penjajah.

Dengan mengenalkan sejarah kepada si kecil sejak dini, maka akan tumbuh rasa cinta dengan negeri ini secara natural. Si kecil jadi tahu bagaimana perjuangan dalam meraih kemerdekaan, sehingga ia akan merasa bangga dan terus ingin menjaga kemerdekaan dan kesejahteraan bangsanya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait