©shutterstock

Penyebab Konsentrasi Mudah Hilang Saat Beraktivitas

Di tengah hiruk pikuk pekerjaan yang padat, konsentrasi yang tinggi memang sangat dibutuhkan. Apalagi jika pekerjaan yang dilakukan diburu oleh waktu, antara fokus dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu kadang saling bertindihan. Belum lagi banyak pikiran dan masalah yang bersarang di otak, konsentrasi saat bekerja kian sulit untuk dikembalikan. Lalu apa saja sih yang bisa membuat daya fokus ini mudah hilang kala beraktivitas?

Media sosial
Demam media sosial memang sudah melanda berbagai kalangan, tidak terkecuali orang dewasa yang sehari-harinya sibuk bekerja. Media sosial paling mudah menjangkiti setiap orang yang bisa mengakses internet baik melalui komputer maupun gadget lainnya. Jika terlampau asyik, efek candu media sosial bisa mengganggu konsentrasi saat bekerja. Bagaimana tidak saat pikiran harusnya fokus mengetik, notifikasi dari media sosial kita terus saja bermunculan dan sudah barang pasti membuat Anda terangsang untuk menanggapinya. Matikan semua media sosial saat beraktivitas agar bisa selesai tepat waktu.

Email
Notifikasi email yang terlalu banyak ternyata dapat membuat fokus bekerja maupun beraktivitas terganggu. Meski pekerjaan Anda berkaitan erat dengan kiriman email yang berasal dari klien, cobalah untuk membatasi membuka email berlebihan. Atur waktu melihat email seperti memilih pada jam-jam tertentu. Email yang terlalu banyak dengan notifikasi yang terus berdering akan membuat Anda kurang fokus menyelesaikan satu per satu pekerjaan secara maksimal.

Handphone
Baik, pekerjaan Anda berikutnya mungkin berhubungan dengan komunikasi maupun marketing. Namun, akan lebih baik jika Anda menyiapkan satu nomor khusus untuk menampung klien-klien Anda. Sebab, tidak semua pesan maupun telepon yang masuk saat beraktivitas kadang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Hal itu akan sangat mengganggu dan merusak konsentrasi kerja.

Kebosanan
Terlalu banyak memikirkan pekerjaan dalam satu waktu kadang membuat otak tak bisa berpikir cemerlang. Di satu sisi Anda harus menyelesaikan pekerjaan yang ada di depan Anda, sementara di sisi lain pikiran Anda melayang memikirkan hal lainnya. Bukannya membuat pekerjaan selesai dengan optimal, justru akan membuat Anda mudah merasa jenuh dan bosan. Apabila sudah seperti ini, istirahatlah sejenak sembari menghirup udara segar maupun meminum secangkir teh hijau.

Pilihlah mana pekerjaan yang lebih diprioritaskan dan memungkinkan untuk diselesaikan lebih dulu. Dengan begitu, fokus kerja tetap berjalan dan Anda bisa menyelesaikan tepat pada waktunya. Semoga berhasil.

Share artikel ini:

Artikel Terkait