@shutterstock

Perhatikan Hal Ini Saat Masak Bersama Si Kecil

Saat akhir pekan tiba, kini saatnya Anda melakukan kegiatan positif bersama si kecil yang bisa membantu perkembangan otak dan motoriknya. Yup, memasak bersama si kecil bisa menjadi pilihan Anda lho. Karena di dapur terdapat banyak benda yang berbahaya bagi si kecil, berikut ini adalah hal yang sebaiknya Anda perhatikan.

Berikan tugas sesuai kemampuannya
Agar tidak terjadi kecelakaan kerja, pastikan Anda memberikan tugas sesuai dengan kemampuan si kecil. Jika si kecil berumur di bawah tujuh tahun minta si kecil membantu pekerjaan ringan seperti menakar bahan makanan, mencuci sayur dan memasukkan bahan-bahan. Namun, jika si kecil sudah lebih dari tujuh tahun Anda bisa mulai mengajarkannya untuk mengaduk adonan dan cara memakai pisau yang benar. Pastinya semua kegiatan harus dalam pengawasan Anda ya.

Menjaga kebersihan dapur
Saat anak berada di dapur, pastikan Anda menjaga kebersihan dapur dengan baik. Lantai yang licin bisa membuat si kecil terpeleset dan jatuh. Oleh karena itu, pastikan lantai dalam keadaan kering. Meja dapur yang kotor juga dapat mengundang kuman datang dan mengganggu kesehatan si kecil nantinya.

Biasakan mencuci tangan
Si kecil yang suka memegang bahan makanan rentan terkena bakteri dan kuman. Apalagi jika si kecil ikut memegang daging atau ikan, agar bakteri E.coli tidak berpindah ke tangan minta si kecil untuk segera mencuci tangan setelah memegang bahan makanan.

Memasak bersama si kecil bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selain itu, Anda bisa memberikan pengetahuan mengenai berbagai macam bahan makanan dan nilai nutrisi yang terdapat di dalamnya. Eits, tapi jangan lupa untuk selalu mengawasi kegiatan si kecil di dapur ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait