©shutterstock

Perlunya Mengajari si Kecil agar Hormat pada Orang Tua

Melihat anak-anak yang berani bersikap tidak sopan kepada orang tuanya pastilah sangat miris, apalagi jika hal ini terbawa hingga dewasa. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengajari si kecil agar menghormati orang tuanya. Trik pintar mengajarkannya dapat Anda simak dari ulasan berikut ini.

Menjadi contoh bagi si kecil
Dr. Robyn J.A. Silverman mengatakan, si kecil akan belajar hormat jika Anda mengajarkannya dan menjadi contoh yang baik untuknya. Mulailah menunjukkan rasa hormat dengan kakek neneknya, lalu pada Ayah si kecil. Melihat kebiasaan keluarga yang saling menghormati dan menghargai, si kecil pasti akan meniru perilaku tersebut dengan sendirinya.

Ajarkan sopan santun
Salah satu cara menghormati orang tua adalah dengan menunjukkan perilaku yang sopan. Nah, Anda dapat mengajarkan si kecil sopan santun dengan membiasakannya mengucapkan "terima kasih" saat mendapat sesuatu dan mengucapkan "tolong" saat meminta bantuan. Selain itu, ajarkan si kecil untuk tidak menyela pembicaraan dan berkata kasar pada orang tua.

Hindari bertengkar di depan si kecil
Terkadang para orang tua kurang menyadari, jika menunjukkan kemarahan di depan anak dapat membuatnya mencontoh perilaku tersebut. Walaupun dalam hal kecil, seperti intonasi yang tidak mengenakkan jangan tunjukkan hal tersebut di depan si kecil. Tidak ingin kan si kecil akan menirunya?

Para orang tua memiliki peranan penting dalam membentuk kepribadian si kecil. Oleh karena itu, jika ingin si kecil berperilaku yang baik dan hormat, tunjukkanlah contoh sikap-sikap yang baik tersebut di depannya. Si kecil selalu menjadi peniru yang ulung bukan? Semoga berhasil ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait