@shutterstock

Perlunya Pola Pengasuhan Anak Yang Seirama

Salah satu pilihan terbaik untuk menitipkan anak selama Anda bekerja adalah pada orangtua Anda. Selain menekan biaya, Anda bisa bekerja lebih tenang karena si kecil berada di tangan orang yang dekat dan mencintainya.

Kelemahan memiliki orangtua yang mengasuh si kecil adalah kecenderungan untuk memanjakannya. Biasanya, orangtua Anda akan melanggar aturan dan batas-batas yang sudah Anda terapkan pada si kecil, karena membuat anak senang. Bagaimana cara mengatasinya ya?

Mintalah bantuan orangtua Anda
Meminta orangtua Anda untuk tidak memanjakan si kecil tidak akan memberi solusi, malah akan menyinggung mereka. Menurut situs Whattoexpect, carilah waktu yang tenang untuk berbicara dan jadikan orangtua Anda bagian dari solusi. Berikan pengertian bahwa Anda tahu maksud orangtua memanjakan si kecil, tapi ada beberapa aturan yang harus ditegakkan. Misalnya, mengingatkan orangtua Anda untuk tidak terlalu banyak memberikan kudapan manis pada si kecil, karena dokter menemukan tanda-tanda pembusukan gigi. Cari solusi bersama-sama dengan orangtua Anda untuk mengatasi hal tersebut.

Sesekali bersikap fleksibel
Jika kakek nenek memanjakan si kecil dengan cara-cara sederhana, misalnya memberikan uang atau camilan setiap berkunjung, pikirkan lagi apakah meributkannya adalah suatu hal yang penting. Seperti yang dilansir situs Theasianparent, selama orangtua Anda menghargai batas-batas yang diterapkan pada si kecil, misalnya tidak menonton sinetron di TV atau memberi permen keras pada si kecil, bersikaplah sedikit fleksibel.

Tidak berkompromi masalah kesehatan dan keamanan
Jika orangtua Anda memberikan makanan yang beresiko membuat anak tersedak, seperti permen keras atau potongan besar buah, bicarakan dengan tegas. Begitu juga dengan membiarkan anak berjalan sendirian di jalan raya atau tidak menggunakan car seat saat bepergian dengan mobil. Semua yang menyangkut kesehatan dan keamanan si kecil sebaiknya juga ditaati oleh orangtua Anda. Coba tips dari situs Whattoexpect ini, tunjukkan artikel yang berkaitan atau mintalah dokter anak untuk berbicara pada orangtua Anda. Berikan tindakan yang tegas, misalnya tidak ada lagi kunjungan kakek nenek kecuali mereka menyetujui aturan yang menyangkut keamanan dan kesehatan anak.

Beri pengertian pada si kecil
Menurut situs Whattoexpect, jika si kecil sudah bisa berkomunikasi dengan baik, berikan pengertian bahwa aturan yang diberikan orangtua Anda mungkin berbeda dengan yang selama ini diterapkan. Misalnya tidur lebih malam atau memakan kudapan manis, hanya terjadi saat kakek nenek berkunjung, tapi tidak berlaku saat si kecil ada di rumah bersama Anda.

Sebisa mungkin ingatkan orangtua Anda untuk tidak terlalu memanjakan si kecil, dengan cara yang lembut dan tidak menyinggung perasaan ya.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait