Persiapkan dengan Baik Agar Permainan Keluarga Semakin Menyenangkan

Keluarga besar, selalu identik dengan kebersamaan, kekompakan, keceriaan dan saling peduli satu sama lain. Acara kumpul keluarga besar biasanya identik dengan acara arisan, halal bihalal, makan bersama dan lainnya. Buatlah acara kumpul keluarga menjadi lebih seru dan menyenangkan dengan mengadakan permainan keluarga.

Permainan keluarga menjadi momen yang tepat sekaligus menyenangkan, untuk saling mempererat hubungan antar anggota keluarga. Namun membuat aktivitas permainan keluarga tidaklah semudah yang dikira, apalagi untuk keluarga besar. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Ibu perhatikan dan persiapkan untuk meminimalkan stres dan sakit kepala yang seringkali datang saat merencanakan permainanan keluarga.

 

  • Mengumpulkan seluruh anggota keluarga

Langkah pertama untuk membuat permainan keluarga berjalan berjalan lancar adalah dengan mengumpulkan seluruh anggota keluarga terlebih dahulu. Jika semua keluarga sudah terkumpul, maka saatnya Ibu menentukan permainan keluarga yang akan dimainkan.

 

  • Mengidentifikasi setiap anggota keluarga

Karena permainan keluarga ini untuk skala besar dan terdiri dari berbagai macam usia, maka sebaiknya Ibu membuat daftar anggota keluarga yang turut serta dalam permainan, lalu kemudian kelompokkan sesuai dengan usia atau kriteria masing-masing. Pastikan setiap orang berkesempatan untuk berpartisipasi.

 

  • Persiapkan kebutuhan acara

Setelah Ibu mengidentifikasi setiap anggota keluarga, maka Ibu akan mendapatkan jumlah peserta permainan keluarga yang tepat. Dari sini Ibu sudah mulai bisa menentukan jenis permainan keluarga apa yang cocok untuk dimainkan bersama, serta berapa banyak kursi, peralatan, dan hadiah yang perlu disiapkan. Pastikan juga Ibu telah memikirkan setiap kemungkinan, misalnya menyedikan kotak P3K untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan saat acara. Pastikan juga bahwa semua orang sudah mendapatkan informasi apa yang mereka butuhkan untuk dibawa ke permainan itu agar mereka dapat menikmati permainan itu, misalnya baju ganti, sepatu olahraga, dan lainnya.

 

  • Rencanakan permainan yang sesuai

Pilihlah sebuah tema dalam merencanakan permainan keluarga. Misalnya untuk merayakan halal bihalal, arisan keluarga, ulang tahun, tentukan juga apakah permainan keluarga ini dilakukan di indoor atau outdoor. Jika Ibu merencanakan beberapa permainan, ada baiknya Ibu membuat permainan keluarga sesuai dengan umur. Kelompokkan permainan keluarga yang khusus untuk anak-anak dan permainan yang khusus untuk orang dewasa. Jangan lupa juga buat permainan keluarga yang bisa dimainkan oleh seluruh anggota keluarga.

 

  • Mencari sumber sebanyak-banyaknya

Ingatlah permainan-permainan yang Ibu pernah lakukan saat berkumpul dengan grup kantor sebelumnya. Jika Ibu senang dan menikmati permainan-permainan itu, kemungkinan besar, keluarga Ibu akan menikmatinya juga. Ibu juga bisa mencari ide-ide permainan dari internet. Selain itu, Ibu juga bisa tanya anggota keluarga secara langsung jika ada permainan yang ingin mereka mainkan atau jika mereka memiliki saran lainnya.

 

  • Bekerja sama dengan anggota keluarga lain

Tentu Ibu membutuhkan bantuan orang lain untuk membuat acara permainan keluarga ini berjalan lancar. Oleh karena itu jangan sungkan untuk meminta bantuan anggota keluarga lain agar beban Ibu tidak terasa begitu berat dan acara pun berjalan sukses.

 

  • Persiapkan hadiah

Pembagian hadiah menjadi puncak acara yang paling ditunggu-tunggu. Oleh karena itu, Ibu harus persiapkan hadiah dengan baik dan juga adil. Ibu harus memastikan bahwa setiap kado yang disiapkan cocok dan berguna bagi yang mendapatkan. Rencanakan juga bagaimana cara pembagian kado agar lebih menyenangkan lagi.

 

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait