Pola Asuh Anak Sesuai dengan Karakternya

Pola Asuh Anak Sesuai dengan Karakternya

Periode emas tumbuh kembang anak berada di umur 0-3 tahun atau balita. Tak sekedar tumbuh secara fisik, jiwa si kecil juga turut berkembang di periode ini.

Jadi, berhati-hatilah mengasuh mereka. Karena, pola asuh anak yang Ibu berikan akan mempengaruhi kehidupan mereka di masa mendatang. Salah asuhan bakal berdampak buruk, terutama dalam pembentukkan karakteristik dan kepribadian anak. Tentu, tak ada orang tua yang ingin sang buah hati tumbuh dan berkembang ke arah yang tak baik.

Untuk tumbuh kembang anak yang baik, ada baiknya Ibu mengetahu karakter si kecil terlebih dahulu sebelum mengasuh mereka. Hal ini bertujuan agar orang tua tidak memberikan pola asuh yang salah.

Karakter itu sendiri terbentuk melalui fungsi dan penggunaan kelima indera dan Ibu bisa mengetahuinya dengan mengamati perilaku si kecil. Berikut di antaranya:

  • Ada balita yang mengambil pelajaran dari apapun yang dilihatnya. Tipe balita seperti ini digolongkan sebagai tipe visual.

  • Ada pula yang lebih banyak menggunakan indera pendengarannya, maka tipe balita seperti ini disebut tipe pendengar.

  • Beberapa balita ada yang menggunakan indera penciuman untuk mempelajari suatu hal, maka tipe seperti ini disebut tipe pencium.

  • Selain itu, ada juga balita yang menggunakan indera perabanya untuk belajar. Balita seperti ini biasa menggunakan sentuhan untuk mengeksplorasi benda yang ditemuinya. Anak seperti ini digolongkan sebagai tipe penyentuh.

  • Tidak jarang juga terdapat balita yang mengoptimalkan kemampuan belajar melalui indera pengecapnya, yaitu lidah. Maka, anak seperti ini disebut tipe pengecap. Secara umum, pembelajaran dengan menggunakan indera pengecap umum terjadi pada balita yang memasuki fase oral.


Bagaimana, Bu? Sudah mengetahui karakter buah hati? Sekarang Ibu bisa mengasuh anak dengan baik. Tapi, jangan lupakan tiga komponen pola asuh anak, ya.

Pertama adalah asah, yaitu stimulasi atau rangsangan yang diberikan orang tua untuk tumbuh kembang anak. Kedua, asih, yaitu kasih sayang yang diberikan orang tua kepada anak. Ketiga adalah asuh, yaitu pemenuhan kebutuhan sandang pangan serta papan dari orang tua untuk anaknya. Well, selamat mencoba, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait