Rajin Olahraga, Tapi Enggan Minum Susu?

Anak Anda rajin berolahraga tapi enggan minum susu? Melihat hal semacam ini, tampaknya tidak sedikit terjadi. Di lapangan, banyak sekali anak kecil yang hobi bermain dan berolahraga, namun mereka hanya makan dan minum seadanya. Padahal, pada proses pertumbuhannya si kecil membutuhkan banyak asupan kalsium yang penting untuk tumbuh kembang tulangnya.

Lebih lanjut, penting susu untuk tulang dikuatkan oleh Dr. Ade Tobing, SpKo, seorang dokter spesialis olahraga. Dia menjelaskan bahwa susu merupakan sumber kalsium yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan tulang. Utamanya pada si kecil, karena asupan kalsium yang cukup bisa menjaga kepadatan tulangnya.

Meski begitu Anda tidak perlu khawatir. Tulang membutuhkan banyak kalsium dan kalsium tidak hanya bisa didapatkan dari susu. Anda bisa menyiasatinya dengan makanan lain. Misalnya saja, tempe dan tahu. Dua makanan hasil fermentasi kedelai ini memiliki sumber kalsium yang cukup melimpah. Sajikan sebagai lauk-pauk saat si kecil sarapan maupun jam makan lainnya.

Ada pula daging yang bisa Anda olah menjadi beragam masakan lezat bagi anak. Seperti hal tempe dan tahu, daging juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Rebus atau pangganglah daging tersebut, agar nutrisinya bisa tetap lengkap dan si kecil dapat terhindar dari asupan minyak berlebihan. Jika bosan dengan daging, pilihan ikan segar dapat juga Anda sajikan untuknya.

Yang lebih menarik lagi, sumber kalsium ini ternyata dapat ditemukan juga dalam sayuran hijau, seperti bayam dan kale. Anda bisa memasaknya menjadi salad atau sayur kuah yang segar untuk makan malamnya. Kendati demikian, jumlah kalsium tertinggi ada pada susu. Walau si kecil tidak suka dengannya, Anda bisa menyiasatinya menjadi olahan yang unik dan lezat. Misalnya saja, membuat puding susu dan buah, es krip, sop buah atau bahkan menjadi kuah masakan pengganti santan. Semoga berhasil ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait