@shutterstock

Rambu-rambu Keselamatan Belajar Sains di Laboratorium

Berbicara soal laboratorium pasti yang terlintas di pikiran Anda adalah itu bukan tempat main anak-anak. Tapi nyatanya, ketika memasuki sekolah dasar, si kecil mulai berkenalan dengan bermacam-macam perlengkapan laboratorium dan seluk beluknya.

Belajar di laboratorium itu tidak bisa sembarangan. Ada prosedur yang harus si kecil patuhi agar tetap aman selam bereksperimen. Mau tahu bagaimana prosedurnya? Cek di sini ya.

Sebelum percobaan
Sebelum memulai percobaan, hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah izin. Yap! Tanpa hal ini, si kecil tidak boleh masuk begitu saja masuk lab. Selain itu, percobaan yang akan dilakukan juga harus sesuai dengan usianya dan harus didampingi oleh guru atau mereka yang ahli dalam bidang tersebut.

Setelah mendapat izin, pastikan si kecil mengetahui dengan benar seluk beluk lab. Tunjukkan di mana tempat dia bisa mendapatkan pertolongan pertama ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Perlihatkan pula mana bahan-bahan kimia yang boleh dan tidak boleh digunakan selama percobaan. Hal ini penting lho untuk menjaga lab tetep tertib dan si kecil aman selama percobaan.

Pakaian
Biasanya si kecil tidak mau ribet dengan masker, jas panjang, dan kacamata besar. Tapi pelengkapan ini sangat penting lho untuk keselamatan selam percobaan. Saat masuk laboratorium, si kecil dilarang mengenakan celana dan baju lengan pendek. Si Kecil juga Harus mengenakan penutup rambut, masker, sarung tangan, dan jas khusus. Bahkan ada beberapa laboratorium yang mengharuskan si kecil memakai sepatu khusus demi kelancaran percobaan. Kebijakan ini tentu saja harus dituruti karena kalau tidak bisa menyebabkan kekacauan di lab.

Perilaku
Laboratorium bukanlah lapangan bola yang bisa dipakai berlari seenaknya. Tempat ini juga bukan ruang karaoke yang bisa digunakan untuk bernyanyi keras-keras. Ketenangan sangat diperlukan untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi selama percobaan. Jadi kita perlu beri tahu si kecil tentang bagaimana seharusnya dia berperilaku di laboratorium.

Ketika memegang peralatan, dia harus melakukannya dengan hati-hati. Kalau sudah selesai harus dibersihkan dan disimpan di tempat semula.

Dengan menuruti prosedur laboratorium, percobaan si kecil akan berjalan dengan lancar. Biarkan si kecil bersenang-senang selama percobaan agar rasa ingin tahunya terpenuhi dan dia mendapat berbagai pengalaman baru. Selamat bereksperimen ya!

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait