Ransel atau Tas Selempang

Ransel atau Tas Selempang, Baik Mana Buat si Kecil?

Ada banyak macam tas sekolah yang bisa dipakai si kecil, seperti tas ransel dan selempang. Keduanya sama-sama bagus dan tampak lucu ketika dipadukan dengan seragam sekolahnya. Tapi kalau dilihat dari segi kenyamanan, mana ya kira-kira yang tepat untuk si kecil?

Tas Selempang

Tasa selempang hanya memiliki satu tali untuk dikaitkan ke bahu. Kalau barang bawaan si kecil ringan, maka tas selempang cukup nyaman untuk dipakai. Tapai kalau yang dibawa lumayan banyak dan berat, mending jangan pakai tas model ini. Beban berat yang menggantung di bagian bawah akan membuat bahu si kecil kelelahan. Sedikit-sedikit dia akan menarik tali yang berada dia bahunya untuk memperbaiki posisi tas.

Hal ini juga dapat mempengaruhi otot leher sehingga gampang kram atau kelelahan. Kalau si kecil dibiarkan membawa beban berat dengan tas selempang. Bisa-bisa bentuk bahunya tak lagi indah dan juga membuatnya gampang mengalami kram otot di area leher.

Tas Ransel

Berbeda dengan tas selempang, tas ransel memiliki dua tali untuk dikaitkan di masing-masing bahu. Kalau dibandingkan, tas ransel terlihat lebih nyaman dan bisa muat banyak. Walaupun tidak begitu praktis seperti tas selempang, tas ransel tetap bisa dipakai main ke mana saja.

Sayangnya, banyak anak kecil yang masih salah menggunakan tas model ini. Ketika membawa beban cukup berat, pastikan posisi tas sejajar dengan punggung. Tidak terlalu mepet leher dan tidak melorot ke bawah. Posisi semacam ini akan membuat si kecil tidak merasa keberatan atau lelah saat menggendong tasnya.

Sesuaikan juga besar tas dengan badan si kecil. Jangan sampai ukurannya terlalu besar karena bisa berakibat buruk pada postur tubuhnya. Kalau terlalu kecil tidak masalah, asalkan talinya panjang dan nyaman dipakai.

Apapun jenis tasnya, semua pasti terasa nyaman kalau beban yang dibawa tidak terlalu berat. Kalau tidak bisa dikurangi, pisah saja menjadi dua bagian. Seperti, buku-buku yang  ringan masuk ke dalam tas, sedangkan buku berat ditaruh dalam map tersendiri untuk ditenteng. Selamat memilih tas ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait