Ruang Bermain Anak di Rumah Mungil

Tip memaksimalkan ruang sempit untuk membangun ‘taman’ bermain bagi anak.

Bagi kebanyakan keluarga perkotaan, sulit untuk memiliki rumah dengan ruang dan halaman yang luas. Padahal, supaya bisa bertumbuh secara optimal anak-anak harus butuh ruang untuk bermain dan belajar. Lalu, strategi apa yang bisa para orang tua lakukan untuk kondisi ini? Berikut tip yang bisa Anda contek.

Pojok baca

Tak hanya bisa menambah pengetahuan, membaca tentu juga bisa mengajarkan si kecil untuk bisa membaca lebih cepat. Plus, berpetualang bersama buku bisa menjadi pilihan bermain yang sangat menyenangkan. Sebab anak akan dituntut meruncingkan daya imajinasi dan kreatifitas mereka. Jika tak punya ruang untuk dijadikan perpustakaan, menempatkan rak buku di sudut ruang pun sudah cukup. Sediakan beragam variasi buku bacaan yang disesuaikan dengan usia anak.

Jangan lupa untuk meluangkan waktu baca bersama si kecil, sebab cara ini bisa merekatkan hubungan psikologis anak dan orang. Family time ini juga akan meningkatkan komunikasi dengan anak sekaligus menanamkan nilai-nilai serta norma tanpa perlu menggurui.

Bugar dengan video game

Apabila rumah tidak memiliki halaman yang luas untuk anak bergerak, kita bisa membuat si kecil tetap ‘berolahraga’ dengan menaruh perangkat video game. Tapi bukan sembarang video game, sediakan alat yang mengharus anak bergerak banyak untuk memainkannya, seperti Wii. Selain puas bermain, anak juga bisa tetap aktif bergerak.

Share artikel ini:

Artikel Terkait