@shutterstock

Saat Si Kecil Harus Berbagi Kamar

Suatu saat si kecil akan memiliki saudara, bahkan ada juga kemungkinan untuk saling berbagi kamar dengan saudaranya. Bukan hanya itu saja, berbagai masalah mungkin saja bisa terjadi. Berikut ini adalah hal yang bisa Anda coba untuk menyiasati masalah yang mungkin muncul saat si kecil harus berbagi kamar.

Bersikap adil
Sering kali pertengkaran muncul karena ingin mendapatkan perhatian dari Anda. Oleh karena itu, bersikaplah adil pada kedua anak jangan sampai kakak selalu menang dan adik selalu dibela walaupun salah. Berikan teguran yang adil dan jangan terkesan membela salah satu anak.

Saling berbagi
Berbagi kamar berarti kakak dan adik harus berbagi hal yang lain juga. Berikan pengertian pada kedua anak Anda untuk saling berbagi sesama saudara. Kemudian, ajarkan bagaimana cara meminjam barang saudara yang benar yakni dengan meminta izin sebelum menggunakan barang milik saudara. Berikan penjelasan bahwa kakak harus selalu menyayangi adik dan begitu juga adik yang harus menghormati kakak.

Saling bekerja sama
Ada juga lho manfaat dari anak yang saling berbagi kamar. Anak secara tidak langsung akan memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga kebersihan dan kerapian kamar. Nah, manfaatkan hal ini untuk mengajarkan anak membersihkan kamar bersama, menata ulang kamar bersama dan berbagai kegiatan yang menuntut dilakukan bersama. Terbiasa melakukan hal bersama, kerukunan dan kekompakan akan terjalin antar saudara.

Pertengkaran antar saudara memang biasa terjadi, namun bukan berarti tidak bisa mendamaikannya bukan? Selalu dampingi si kecil dan tanamkan rasa saling menyayangi sesama saudara ya. Semoga bisa diterapkan dengan baik.

Share artikel ini:

Artikel Terkait