©shutterstock

Saran Ibu Ketika Si Kecil Mendapat Undangan Ulang Tahun

Pergaulan anak zaman sekarang tentu tak lagi sama dengan saat Anda masih kecil. Salah satu yang membedakan di sini adalah tentang perayaan ulang tahun. Di masa Anda dulu ulang tahun mungkin jarang dirayakan, jikalau ada mungkin hanya sebatas perayaan sederhana sebagai ungkapan syukur atas bertambahnya usia. Sekarang perayaan ulang tahun hampir selalu dirayakan dengan pesta, tak terkecuali pesta ulang tahun anak-anak. Jika si kecil mendapatkan undangan ulang tahun dari temannya, berikut saran yang bisa Anda berikan kepada si kecil.

Membaca undangan lebih cermat
Berbeda dengan orang dewasa yang mungkin menanggapi sebuah undangan dengan biasa saja, anak-anak memiliki ekspektasi lebih tinggi dalam menyambutnya. Bahkan karena terlalu senang dia sampai lupa untuk membaca dengan cermat undangan tersebut. Jika tidak Anda ingatkan si kecil bisa saja melupakannya atau mungkin salah tanggal. Mintalah dia untuk membaca waktu pelaksanaan, lokasi acara sampai kostum yang digunakan jika ada.

Melihat agenda kegiatan
Selain perihal pemberitahuan, undangan ulang tahun biasanya menuliskan juga agenda kegiatan selama pesta berlangsung. Ini bertujuan untuk memberikan keleluasaan bagi tamu untuk menyiapkan kehadirannya dan mengatur agenda waktu pribadi. Sarankan si kecil untuk membaca agenda kegiatan di pesta tersebut. Tanyakan juga apakah di tanggal itu dia tidak ada agenda lain seperti les piano atau biola, kompetisi vokal maupun lainnya.

Pemberian hadiah
Hal yang paling diharapkan oleh anak yang ulang tahun adalah hadiah dari anak lain yang mereka undang. Walaupun kehadiran teman-temannya juga penting, namun hal itu tak bisa menutupi sikap anak-anak yang begitu gembira saat menerima hadiah. Sarankan si kecil untuk memberikan hadiah yang sesuai. Cobalah untuk bertanya tentang benda yang kira-kira digemari oleh temannya tersebut. Tak kalah penting dalam memberikan sebuah hadiah adalah mempertimbangkan budget. Beritahukan kepada si kecil untuk memberikan hadiah yang sepantasnya, tidak terlalu mahal maupun terlampau murah.

Tanyakan teman lainnya
Agar dia tidak berangkat seorang diri, mintalah si kecil untuk menanyakan kepada temannya yang juga menerima undangan ulang tahun. Lewat cara ini juga si kecil dapat diskusi dengan teman-temannya untuk menentukan hadiah yang sesuai. Bisa juga membahas tentang kostum keren yang bakal digunakan saat pesta ulang tahun dilaksanakan.

Cukup mudah diterapkan kok Bu, jangan sampai lupa memberitahukan saran-saran tersebut kepada si kecil ya!

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait