Sarapan Bernutrisi Kunci Awal Meningkatkan Prestasi dan Tumbuh Kembang Anak

Setelah semalaman lambung diistirahatkan tanpa asupan apa pun. Maka, saat pagi hari sudah selayaknya kita mengisi tenaga dengan mengonsumsi sarapan bergizi. Sarapan merupakan modal untuk beraktivitas, terlebih bagi tumbuh kembang anak di usia sekolah. 

Usia sekolah merupakan masa tumbuh kembang anak yang banyak membutuhkan energi untuk aktivitas fisik dan psikis. Jika anak kekurangan energi berarti ia kehilangan kesempatan untuk melakukan aktivitas belajar secara optimal. Hal ini pun akan berdampak terhadap hasil belajar yang dicapai oleh si kecil.

Membiasakan anak menyantap sarapan bergizi setiap hari tak hanya bermanfaat untuk tumbuh kembangnya, namun juga untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh I Gusti Lanang Sidiartha, Konsultan Nutrisi Anak & Penyakit Metabolik RSUP Sanglah  dan Putu Ayu Widyanti,  Dokter Spesialis Anak RSAD Denpasar, yang menunjukkan bahwa sarapan pagi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap nilai rapor anak-anak di sekolah.

Anak yang terbiasa sarapan pagi akan mempunyai prestasi akademik yang lebih baik daripada anak yang tidak terbiasa sarapan pagi. Sarapan pagi bagi anak akan memacu tumbuh kembang anak dan memaksimalkan kemampuan di sekolah. Karena selama di sekolah anak-anak membutuhkan energi yang cukup besar untuk mempertahankan konsentrasi belajar sehingga mereka dapat menyerap seluruh pelajaran yang diberikan oleh guru mereka.

Penelitian ini dilakukan terhadap 178 anak sekolah dasar kelas 1 sampai kelas 6 di Desa Taro Gianyar.  Anak-anak yang biasa sarapan pagi sebelum pergi ke sekolah memiliki nilai rapor diatas rerata kelas lebih banyak dibandingkan dengan anak-anak yang tidak biasa sarapan pagi yaitu 64,1% berbanding 33,7%. Dengan kata lain, anak-anak yang biasa sarapan pagi 3,5 kali lebih besar kemungkinannya memiliki nilai rapor di atas rerata kelas. Bila dilihat dari masing-masing mata pelajaran meliputi matematika, bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKN semua rerata nilai rapornya lebih tinggi pada anak-anak yang terbiasa sarapan pagi.

Sarapan pagi mempunyai peranan penting bagi meningkatnya prestasi dan tumbuh kembang anak. Apa sajakah itu? Pertama, sarapan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi otak untuk meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik. Kedua, sarapan dapat menjaga stamina dan semangat belajar. Dengan semangat yang tinggi maka anak akan terhindar dari rasa ngantuk selama belajar dan mampu berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran.

Tanpa sarapan, kadar gula darah berada pada level rendah sehingga otak tidak cukup energi untuk aktifitas belajar. Anak akan sulit mengikuti pelajaran di sekolah, bagaimana nilainya nanti? Lalu bagaimana ia bisa bersaing dengan teman-temannya untuk menjadi anak yang berprestasi?

Itulah sebabnya anak-anak yang melewatkan sarapan pagi prestasi belajarnya tidak baik. Bagaimana tidak perut yang kosong menimbulkan rasa lapar, sehingga respon di tubuh anak melambat. Hal itu menyebabkan anak sulit fokus dan konsentrasi. Tak hanya itu, rasa lapar juga membuat emosi si kecil tak stabil, dan terkadang membuat moodnya buruk. 

Maka dari itu demi mendukung prestasi dan tumbuh kembang anak, maka Ibu harus menyiapkan sarapan pagi yang baik dan bernutrisi. Sarapan pagi yang baik adalah yang mengandung seluruh zat gizi yang diperlukan oleh tubuh meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. Semua komponen tersebut dapat terpenuhi apabila menu sarapan pagi terdiri dari nasi, lauk, sayur/buah dan air. Namun sebagai alternatif dari nasi, Ibu juga bisa memberikan sereal sebagai sarapan baik dan bernutrisi untuk si kecil.

Berikan semangkuk Nestle KOKO KRUNCH dan segelas susu sebagai solusi sarapan yang praktis, namun penuh nutrisi baik yang dibutuhkan si kecil. Kandungan gandum utuh yang ada di dalamnya kaya akan serat, Vitamin (Vitamin B2, B3, B5, B6, B9) serta kalsium dan zat besi untuk mendukung kegiatan belajar si kecil agar memiliki energi yang cukup untuk memulai paginya di sekolah.

Apakah Ibu akan membiarkan si kecil pergi ke sekolah tanpa sarapan pagi? Tentu jawabannya ‘tidak’. Dengan semangkuk sarapan sehat Nestle Koko Krunch, Ibu memberikan si kecil sebuah harapan akan masa depan, harapan akan hari-hari penuh prestasi.

Jadikan sarapan sebagai agenda wajib penunjang tumbuh kembang anak sebelum berangkat sekolah. Pastikan si kecil mendapatkan sarapan bernutrisi dengan semangkuk Nestle Koko Krunch agar konsentrasi belajarnya prima.  Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan sarapan bernutrisi untuk si kecil setiap hari ya bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait