@shutterstock

Save Orang Utan, Langkah Sederhana Mengajak Si Kecil Mencintai Satwa Indonesia

Kerusakan hutan di Indonesia kian hari kian mengkhawatirkan, khususnya bagi satwa yang mendiaminya. Bagaimana tidak, pembalakan dan pembakaran hutan secara besar-besaran untuk pembukaan lahan sangat mengancam kelestarian lingkungan. Berbagai jenis tanaman punah seketika dan beberapa hewan ada yang terancam keberadaannya adalah orang utan.

Sebagai salah satu satwa khas Indonesia, sudah sepatutnya keberadaan orang utan ini diselamatkan. Tujuannya tak lain agar kehidupannya lestari, sehingga generasi berikutnya masih bisa melihat wujud asli dari hewan yang masih berkerabat dekat secara genetik dengan manusia ini. Nah, Anda dapat mengajak si kecil agar lebih peduli dengan kelestarian alam termasuk upaya penyelamatan orang utan.

Mengenal orang utan lebih dekat
Mula-mula kenalkan lebih dekat orang utan ini pada anak. Anda dapat memutarkan video seputar tingkah laku dan kebiasaan lucu yang dilakukan oleh satwa dari Kalimantan ini. Tak lupa putarkan juga video tentang kerusakan hutan hingga orang utan yang mati akibat kehilangan tempat tinggalnya. Dari sini anak akan mengerti bahwa hewan yang lucu tersebut sedang dalam bahaya di luar sana.

Berikan edukasi singkat
Setelah si kecil mengerti tentang seluk beluk orang utan secara mendalam, edukasilah dia tentang orang utan dengan topik yang lebih luas. Misalnya memberitahukan kepadanya jika yang membuat nyawa orang utan ini terancam tak lain adalah manusia. Ada beberapa manusia yang begitu rakus membakar hutan dan mengusir semua hewan yang ada di dalamnya. Di sisi lain yang bisa menolong mereka agar tetap aman dan bisa hidup makmur adalah manusia sendiri. Yaitu Oorang-orang yang peduli akan kelestarian lingkungan dan beragam satwa yang tinggal di dalamnya.

Datang dan melihat langsung
Langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan, yaitu mengajak si kecil datang dan melihat rupa orang utan secara langsung. Kebun binatang dan taman safari bisa menjadi jujukan pertama. Jika si kecil sudah cukup besar dan sedang menjalani libur panjang, ajaklah dia ke tempat penangkaran orang utan di Kalimantan. Di sana si kecil bisa melihat kehidupan orang utan yang sebenarnya. Bisa menyentuh langsung, menggendong dan memeluk mereka.

Pengenalan orang utan dan penyelamatan statusnya hanyalah satu dari sekian usaha yang bisa dilakukan untuk menanamkan jiwa peduli lingkungan anak. Jika tak dikenalkan dari sekarang, generasi peduli lingkungan di masa depan semakin berkurang. Lantas, siapa lagi yang hendak menyelamatkan lingkungan di negeri ini? Mari ajak si kecil selamatkan lingkungan dari sekarang ya, Bu.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait