Save Water For Future

Untuk saat ini, kita mungkin masih bisa berbangga diri karena dapat menggunakan air bersih dengan leluasa. Tapi, pernahkah Anda berpikir bahwa suatu saat air akan sampai pada titik habisnya? Meski seolah tak akan mudah untuk habis, penggunaan sumber daya alam seperti air secara besar-besaran juga akan merugikan kehidupan di masa yang akan datang. Maka dari itu, hemat dalam menggunakan semestinya sudah dimulai sejak sekarang.

Meski sebagian besar wilayah bumi dipenuhi oleh air, tetapi sumber air tawar yang menjadi mata penghidupan makhluk hidup tak sampai dari setengahnya. Anda tentu tak bisa minum dan mandi dengan air laut, yang sangat tinggi kandungan garamnya. Dalam arti lain bisa dikatakan sebetulnya bumi ini hanya memiliki kandungan air layak pakai yang terbatas. Sementara dari masa ke masa jumlah manusia semakin meningkat. Sehingga, tak menutup kemungkinan di masa depan air bersih akan menjelma menjadi barang langka dengan harga mahal.

Demi menjaga kelestarian air agar tetap terjaga hingga beberapa masa ke depan, marilah memulai untuk hemat dalam pemanfaatannya. Ajarkan pula pada anak-anak akan pentingnya menggunakan air yang semestinya. Anda bisa mulai mencontohkannya di rumah. Misalnya saja, dengan mengajak si kecil untuk mematikan kran kamar mandi bila tidak digunakan, mencuci baju dengan air bilasan yang tidak terlalu banyak, sampai membersihkan sepeda dengan air bekas cucian.

Cara-cara seperti ini dapat merangsang kepekaan anak agar bisa memanfaatkan air dengan lebih hemat. Untuk mengawalinya, bisa Anda lakukan bersamaan dengan momen tertentu, seperti saat peringatan Hari Air Sedunia. Edukasi si kecil bahwa kegiatan yang diperingati setiap tanggal 22 Maret tersebut dilakukan untuk mengingatkan penduduk di seluruh dunia ,agar lebih hemat dalam menggunakan air. Lewat peringatan ini si kecil bisa lebih mudah untuk memahami akan pentingnya air bagi kehidupan.

Adapun manfaat yang akan diperoleh lebih lanjut, si kecil tidak hanya bisa hemat dalam menggunakan air. Dia juga akan memiliki prinsip hidup hemat yang bisa diterapkan dalam banyak hal. Termasuk di antaranya, hemat dalam penggunaan uang, listrik dan lain sebagainya. Jika hal ini bisa ia terapkan sejak dini, maka akan menjadi kebiasaan baik yang akan terus berjalan hingga di masa depan. Tradisi menghemat air pun bisa teraplikasikan dengan apik, lantaran Anda sudah mulai membiasakannya dari sekarang. Mantap kan?

Share artikel ini:

Artikel Terkait