Semangat, Adik Pasti Bisa Selesaikan Permainannya!

Semangat, Adik Pasti Bisa Selesaikan Permainannya!

Selain belajar dengan giat, anak-anak membutuhkan beragam permainan yang bisa mengasah kreativitasnya. Kemampuan berpikir sejatinya tak cukup dari asupan teori saja, si kecil juga perlu praktik maupun aplikasi langsung agar lebih mudah memahaminya. Di samping itu, anak-anak akan lebih mudah memahami suatu hal jika bisa langsung melihat wujud benda maupun tempatnya.

Shelley Frost, praktisi pendidikan anak sekolah dasar dari Amerika menyebutkan jika anak-anak yang lebih sering memainkan games yang memiliki papan permainan seperti monopoli lebih memiliki pemikiran yang kreatif. Hal ini karena permainan ini menyajikan teknik bermain yang kompleks. Selain merangsang si kecil untuk menggunakan akal pintarnya dalam membuat strategi, kemampuan menghitung, membaca maupun berinteraksi dengan para pemain yang lain membuat si kecil lebih memahami pengetahuan baru yang lebih menyenangkan.

Pola permainan yang cukup rumit membuat si kecil kadangkala mengalami patah semangat untuk melanjutkannya. Biar dia kembali bersemangat menyelesaikan permainannya, berikan dukungan dan semangat. Beberapa tipsnya dapat Anda simak berikut.

Memberikan hidangan penyemangat

Sepotong kue dan jus buah segar dapat menjadi hidangan penyemangat buat si kecil. Meskipun hanya sebatas permainan, namun aktivitas tersebut juga menguras energi. Otak digunakan untuk berpikir secara terus menerus untuk menemukan solusinya sehingga akan mengalami kelelahan. Sepotong kue dapat membuat si kecil kembali berenergi, apalagi jus buah yang lezat bisa membuat dirinya kembali bersemangat.

Menemaninya bermain

Jika Anda tidak terlalu sibuk atau sudah menyelesaikan semua pekerjaan rumah tangga, cobalah untuk menemani si kecil bermain. Walau Anda tidak ikut bermain bersamanya, tetapi kehadiran Anda dapat menjadikan motivasi agar si kecil bisa menyelesaikan permainan tersebut. Tak perlu ragu untuk memberikan kata-kata semangat kepadanya, seperti ‘Ayo Nak kamu bisa!’

Memberinya hadiah

Cara ini menjadi penyemangat yang cukup efektif bagi si kecil. Memberikan hadiah dapat menumbuhkan rasa semangat anak agar bisa menyelesaikan permainan. Hadiahnya pun tak harus mahal. Anda hanya perlu membungkusnya dengan cantik dan memberikannya sebagai kejutan. Si kecil pun akan senang menerimanya.

Langkah-langkah tersebut tak hanya akan membuat si kecil menyelesaikan permainan yang bisa merangsang kreativitasnya, di sisi lain jalinan ibu dan anak juga semakin kuat terjaga.

Share artikel ini:

Artikel Terkait