@shutterstock

Serunya Belajar Angklung di Sanggar Seni

Indonesia kaya akan musik tradisionalnya yang mendunia, salah satunya adalah angklung. Di hari musik sedunia nanti ajak si kecil mempelajarinya yuk! Alat musik yang satu ini unik sekali lho. Terbuat dari bambu yang dimainkan dengan gaya di goyang-goyang hingga bunyinya keluar. Satu buah angklung hanya memiliki satu macam kunci nada. Jadi untuk membentuk satu rangkaian musik diperlukan beberapa angklung dengan kunci yang berbeda-beda.

Di Indonesia sendiri Anda bisa mengajak si kecil belajar angklung di Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat. Di tempat ini ada berbagai macam kegiatan menarik yang bisa di lakukan untuk menambah wawasan si kecil. Mulai dari melihat proses pembuatan angklung, belajar gamelan, kursus angklung, menari, bermain wayang, hingga aneka permainan tradisional lainnya. Di Saung Angklung Udjo si kecil juga bisa berinteraksi dengan alam terbuka secara langsung asyikkan? Hanya dengan 50 ribu, Anda dan si kecil sudah bisa mendapatkan banyak pelajaran seru.

Anyway, belajar musik punya banyak manfaat bagus lho untuk tumbuh kembang si kecil, seperti berikut ini.

Meningkatkan kekuatan otak
“Banyak studi yang menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar musik memiliki kemampuan akademik yang lebih tinggi daripada yang tidak,” kata children music specialist, Meredith LeVande  dari MonkeyMonkey Music.com.  Musik  merangsang bagian otak yang berhubungan dengan kemampuan membaca, berhitung, dan emosi sehingga kekuatan otak bertambah.

Meningkatkan daya ingat
Maestro Eduardo Marturet dari Miami Symphony Orchestra mengungkapkan bahwa berpartisipasi dalam musik di usia dini dapat meningkatkan kemampuan belajar anak dan memori. Dalam musik, si kecil dituntut untuk menghafal kunci nada dan memahami aneka jenis partitur agar bisa menghasilkan instrument yang bagus. Karena alasan inilah, kemampuan mengingat di kecil akan terus berkembang. Menarik sekali ya?

Menumbuhkan kreativitas
Satu manfaat bermain musik yang paling kelihatan adalah menumbuhkan kreativitas. Ketika belajar, si kecil tidak hanya mengikuti partitur yang diberikan guru saja. Di rumah, ia pasti akan mencoba membuat musiknya sendiri. Hal semacam ini membuat si kecil harus berpikir kreatif agar menghasilkan suatu karya yang menakjubkan.

Selain menyenangkan musik akan membantu proses tumbuh kembang si kecil. So, segera ajari si kecil bermain musik yuk!

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait