©shutterstock

Serunya Mengenal Sains Lewat 'Walking On Eggshells'

Si kecil kesulitan belajar sains? Tenang, sains bukanlah mata pelajaran yang sulit kok. Bahkan, sains bisa dijadikan media bermain dan eksperimen yang menyenangkan bagi si kecil. Salah satunya, lewat permainan Walking On Eggshells. Permainan ini akan membuktikan tentang kekuatan tekanan, penasaran? Simak ulasannya berikut ini ya.

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk permainan ini adalah dua lusin telur lengkap dengan karton pembungkusnya, kantong plastik ukuran besar serta sabun tangan dan air. Pertama, letakkan kantong plastik di lantai. Kemudian, tata dua lusin telur di atasnya, pastikan jika jarak antara dua karton telur tidak terlalu berjauhan dan pas dengan langkah si kecil.

Pastikan telur tertata dengan posisi yang benar, yaitu bagian yang runcing berada di atas. Jika posisi telur sudah rapi, maka eksperimen bisa segera dimulai. Pastikan kaki si kecil rata dan tidak dalam keadaan yang kaku ya. Pertama, langkahkan kaki kanan si kecil di atas permukaan telur. Agar keseimbangannya terjaga, pegang tangan si kecil hingga kaki kirinya dapat berpijak dengan sempurna di atas permukaan telur yang satunya. Pegang tangannya hingga dia merasa rileks, lalu lihatlah saat telur yang diinjak olehnya tidak pecah.

Hal ini dikarenakan oleh tekanan yang dilakukan oleh kaki si kecil dapat posisi yang tepat dan sejajar. Hal ini membuktikan jika dalam posisi tersebut, telur memiliki kekuatan cangkang yang lebih kuat daripada saat sendirian. Satu lusin telur untuk berpijak satu kaki dapat memberikan kekuatan yang cukup kuat pada telur untuk menerima tekanan dari kaki. Wah, hebat bukan? Setelah selesai, pastikan si kecil mencuci kakinya dengan sabun dan air hingga bersih ya, agar bakteri salmonella pada telur tidak menempel pada kaki si kecil.

Permainan ini bisa membuat si kecil makin tertarik dengan sains yang dianggapnya sulit lho. Tidak hanya itu, si kecil juga dapat belajar sains secara langsung dan membuktikannya sendiri. Yuk, dukung rasa ingin tahunya terhadap sains dengan eksperimen seperti ulasan di atas. Selamat mencoba ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait