Si Kecil Tak Bisa Berhenti Makan?

Dalam soal makan, anak-anak sering punya karakteristik yang berbeda. Ada yang kurang begitu suka makan atau minum sampai-sampai kitanya bingung dengan pertumbuhan fisiknya.

Tapi ada juga yang terlalu suka sampai-sampai sulit di stop sehingga badannya tumbuh luar biasa. Lalu bagaimana menyiasatinya jika si Kecil tak bisa berhenti makan seperti ini?

Memang banyak orang dewasa yang suka melihat anak kecil dengan selera makan yang tinggi ditambah badan yang subur. Cuma, apapun yang sudah terlalu atau melebihi batas, pastilah akan ada kejelekannya.

Katakanlah kejelekannya itu  bisa obesitas atau kerawanan terhadap resiko penyakit jika makannya salah pilih atau terlalu banyak mengkosumsi makanan yang punya kandungan berbahaya secara jangka panjang bagi tubuh, seperti jajanan tertentu.

Agar si Kecil tidak punya kebiasaan makan yang berlebihan, maka tindakan orangtua sangat dibutuhkan. Tindakan yang sangat penting di sini adalah:

Pengarahan

Pengarahan bisa dilakukan lewat kata-kata yang menyadarkan, dari mulai yang soft (peringatan ringan) sampai ke yang hard (tegas).  Intinya si anak tahu bahwa kita tidak membiarkan dia makan segala yang dia mau secara berlebihan.

Memberi pengetahuan dan informasi

Temukan informasi tentang beberapa hal yang diakibatkan oleh kebiasaan makan yang buruk atau yang tidak selektif dalam memilih jenis makanan karena nafsu, misalnya obesitas, penyakit dan lain-lain. Supaya seimbang pengetahuannya, beri juga informasi mengenai pola dan kebiasaan makan yang bagus.

Gunakan ajaran atau nilai

Ajaran agama apapun atau nilai-nilai budaya apapun bisa dipastikan tidak membolehkan  perilaku yang berlebihan. Ajaran atau nilai-nilai itu bisa kita gunakan untuk memperbaiki perilakunya dengan menjelaskan atau memahamkannya.

Disiplin

Disiplin adalah alat untuk melatih kemampuan anak dalam mengontrol diri. Kerakusan atau kebiasaan makan yang berlebih adalah bentuk nyata dari ketidakmampuan anak dalam mengontrol diri.

Supaya kemampuannya muncul, tentu harus dilatih. Untuk melatihnya itu alatnya adalah disiplin. Disiplin akan membentuk kakarakter anak agar menjadi kuat sehingga lebih tahan terhadap godaan yang membahayakan atau merugikan.

Kita perlu melatih disiplin terkait waktu makan, jumlah / porsi atau kadar, sampai ke jenis makanan. Sekalipun tidak bisa kita jalankan secara sempurna,  tapi jangan sampai kita tinggalkan disiplin itu.

Jauhkan

Makanan adalah godaan yang sulit ditahan jika ada di depan mata. Lebih-lebih untuk anak kecil. Jadi hindari beli makanan atau memasak makanan yang berlebih agar tidak menggoda.

Yang tidak boleh ketinggalan di sini adalah memberi contoh. Contoh bagi anak kecil bukanlah salah satu cara untuk mendidik mereka, melainkan satu-satunya cara.  

Semoga bermanfaat

Share artikel ini:

Artikel Terkait