Siapkan Sarapan Pagi yang Sehat dan Menarik bagi Si Kecil

Memulai kebiasaan sarapan pagi sebelum beraktivitas dengan menu yang sehat dan seimbang saat seseorang telah dewasa akan terasa lebih berat, dibanding jika kita terbiasa melakukannya sejak usia dini. Karenanya, Ibu perlu membiasakan si Kecil menyantap sarapan pagi yang sehat setiap harinya sehingga akan menjadi bagian dari pola hidup sehat yang terbawa sampai Ia dewasa nanti.

Selain menjadikan sarapan pagi sebagai rutinitas agar si Kecil terbiasa, Ibu juga perlu kreatif dalam menyiapkan menu sarapan pagi supaya si Kecil selalu semangat untuk menghabiskan sarapannya. Terkadang yang membuat si Kecil menolak sarapan adalah karena Ia tidak menyukai bahan pangan yang digunakan dalam resep sarapan pagi, Ia bosan dengan menu yang itu-itu saja, atau menu yang disajikan tidak terlihat menarik bagi si Kecil. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Ibu coba agar menu sarapan si Kecil mengandung gizi seimbang sekaligus terlihat menarik untuk disantap.

  • Sajikan buah dan sayur aneka warna

Buah dan sayur dengan aneka warna, bentuk, tekstur dan aroma yang berbeda akan membuat menu sarapan terlihat menarik serta menggugah selera. Selain itu, karena setiap buah dan sayur dengan warna tertentu memiliki gizi yang berbeda pula, maka semakin banyak warna di dalam menu sarapan si Kecil, semakin banyak pula gizi yang ia dapatkan di pagi hari. Menu aneka warna ini juga akan menghadirkan beragam rasa dan tekstur yang akan menjadikan si Kecil kaya rasa sehingga mengurangi kemungkinan ia akan menjadi picky eater.

  • Hias menu sarapan si Kecil

Bukan hanya kotak bento yang bisa dihias lho, Bu. Menu sarapan pagi si Kecil juga bisa dihias supaya makin menarik. Lagi-lagi Ibu bisa memanfaatkan buah dan sayur aneka warna dalam resep sarapan pagi sebagai penghias. Anggap saja piring makan sebagai kertas kosong dan kreasikan menu sarapan dan aneka bahan pangan lainnya menjadi berbagai bentuk yang lucu. Misalnya, susun nasi goreng di bagian bawah piring dan buat bentuk rumah menggunakan potongan wortel rebus dan mentimun. Tambahkan brokoli sebagai tanaman di samping rumah dan telur mata sapi sebagai mataharinya. Supaya lebih lucu, hias ‘matahari’ dengan mata dan mulut yang terbuat dari potongan rumput laut kering.

Kreasi lain yang bisa Ibu coba adalah dengan menyusun potongan buah di atas sereal atau bubur susu maupun oatmeal menjadi bentuk tertentu atau menghias pancake menjadi wajah orang atau hewan dengan potongan buah. Kreasi semacam ini bukan hanya membuat sarapan tampak menarik, tetapi juga kaya akan berbagai gizi yang dibutuhkan si Kecil untuk beraktivitas sampai siang hari nanti.

  • Libatkan si Kecil

Apakah si Kecil hanya mau makan menu yang itu-itu saja? Kedua cara di atas bisa Ibu manfaatkan untuk memastikan si Kecil tetap mendapatkan gizi yang seimbang walaupun menu sarapannya tak banyak jenisnya. Menghias menu kesukaannya bisa menjadi cara bagi Ibu untuk memperkenalkan aneka bahan pangan lain secara perlahan dan tanpa memaksa. Ajak si Kecil untuk ikut berkreasi menghias menu sarapannya agar ia semakin bersemangat. Secara bertahap, tambahkan variasi buah dan sayur yang digunakan untuk menghias. Baru kemudian Ibu bisa mulai menawarkan menu-menu sarapan lainnya untuk si Kecil coba.

 

Yuk Bu, siapkan menu sarapan yang menarik sekaligus sehat bagi si Kecil untuk membantu ia membentuk kebiasan sarapan pagi yang baik.

Share artikel ini:

Artikel Terkait