Tampil Gaya Lewat Peragaan Busana

Tampil Gaya Lewat Peragaan Busana

Salah satu hal pertama yang akan dicoba si Kecil setelah dapat berdiri adalah berpakaian sendiri. Tapi jika ia ingin keluar rumah dengan baju hijau, celana kuning, dan kaus kaki warna-warni, sudah waktunya untuk mengajarkan cara memilih pakaian dengan lebih baik.

Pekan Mode seperti Indonesia Fashion Week dapat dijadikan sarana yang tepat untuk mengenalkan si Kecil untuk belajar berbusana. Simak tips pintar saat menghadiri pekan mode berikut ini.

Color Match

Bicaralah pada si Kecil tentang warna dan bagaimana mengkoordinasikannya agar terlihat serasi. Begitu juga dengan motif. Ajarkan untuk memasangkan warna atau motif natural, misalnya celana jins dapat dipasangkan dengan hampir semua warna dan motif. Bunda juga bisa memanfaatkan boneka untuk mengajarkan hal ini, biarkan memilih pakaian yang akan dikenakan pada boneka dan berikan saran seperlunya.

Buka Diskusi dengan Si Kecil

Tanyakan pada si Kecil tentang acara yang akan dihadiri atau cuaca pada hari ini. Misalnya, jika mempunyai acara di luar ruangan pada siang hari yang terik, bicarakan tentang bagaimana menyenangkannya jika menggunakan pakaian yang berwarna cerah dan ringan, sehingga tidak berisiko kegerahan. Setelah mendapatkan kesepakatan bersama, berikan kesempatan padanya untuk memilih sendiri pakaiannya sambil sesekali mengingatkan apa yang sudah dibicarakan sebelumnya.

Mengikuti Tren

Bicarakan tentang apa yang orang lain pakai saat sedang berjalan-jalan. Beritahukan mana pakaian yang cocok atau tidak untuk digunakan si Kecil. Misalnya batasi untuk memakai rok pendek di fasilitas umum atau hindari memakai celana pendek saat berjalan-jalan di malam hari, agar tidak kedinginan. Bunda juga bisa mendampinginya saat menonton TV atau membaca majalah, dan perlihatkan bagaimana anak-anak seusianya berpakaian dengan rapi dan sesuai dengan acara.

Libatkan Saat Berbelanja

Pada saat berbelanja baju, baik untuk si Kecil maupun Bunda sendiri, tidak ada salahnya lho melibatkannya untuk memilih busana yang baik dan cocok. Selain melatih kemampuannya untuk memilih pakaian yang tepat, kegiatan ini dapat mendorong rasa bangga dan menumbuhkan rasa percaya dirinya. Apalagi jika Anda menyetujui pilihannya, senyum lebarnya akan terus menghiasi wajah mungilnya.

Walau terlihat sepele, membiasakannya untuk berbusana dengan tepat dan baik akan dibawa hingga si Kecil dewasa nanti lho, Bunda.

Share artikel ini:

Artikel Terkait