©shutterstock

Tapak Tilas Perjuangan RA Kartini di Museum Kartini Jepara

Selamat Hari Kartini! Dalam rangka menyambut hari lahirnya tokoh emansipasi wanita di Indonesia ini, ajak si kecil main ke Museum Kartini yuk! Di sini dia bisa belajar banyak tentang kisah hidup Kartini. Mulai dari masa kecilnya hingga cerita perjuangannya yang melegenda.

Kartini sendiri lahir di Jepara, Jawa Tengah. Kalau Anda berangkat dari Semarang, bisa naik bus jurusan Jepara dan disambung lagi naik angkot menuju pusat kota. Nah kalau sudah sampai, langsung saja menuju Jalan Alun-alun No.1, sebelah barat daya Pendapa Kabupaten.

Museum ini didirikan pada tanggal 30 Maret 1975, dan diresmikan dua tahun kemudian oleh Bupati Jepara yang memimpin pada saat itu. Di dalamnya sendiri terdapat 4 ruangan yang menyimpan berbagai macam koleksi dan diorama perjuangan Kartini.

Memasuki ruang pertama, Anda akan disambut dengan benda peninggalan R.A Kartini berupa foto-foto semasa hidupnya, meja, kursi, radio, piringan hitam, dan lainnya. Di sini si kecil bisa mengenal siapa sih ibu kita Kartini itu dan bagaimana kisah perjuangannya membela persamaan hak wanita di Tanah Air.

Ruang kedua berisi benda peninggalan kakak R.A. Kartini, yaitu R.M.P Sosrokartono. Beliau adalah salah satu tokoh kesehatan di Indonesia yang mampu menguasai 26 bahasa asing. Di ruang ketiga, ada benda-banda yang memiliki nilai sejarah tinggi, seperti tulang ikan raksasa dengan panjang 16 meter yang ditemukan di perairan Karimun Jawa 1989. Sedangkan di ruang terakhir, Anda bisa melihat berbagai macam kerajinan tangan kuno seperti guci, anyaman, gerabah, dan lain sebagainya.

Kota kecil ini lumayan sepi dan bebas macet. Jadi, Anda tidak akan akan capek di jalan. Lagipula, kompleks museum ini cukup dekat dengan alun-alun dan pusat perbelanjaan, sehingga kalau si kecil lelah, Anda bisa mengajaknya beristirahat di lapangan hijau yang sangat luas.

Jam operasional Museum Kartini dimulai pada pukul 8 pagi hingga 5 sore. Kalau weekend, buka pukul 9 sampai 5 sore. Harga tiket masuknya juga terjangkau dan si kecil bisa belajar banyak hal dari sini. Yuk segera diagendakan!

Share artikel ini:

Artikel Terkait