Tata Ruang Kreativitas Anak

Kebahagiaan yang dialami seorang anak adalah faktor yang mendasari timbulnya kreativitas anak. Terlebih dahulu orang tua harus memahami minat dan bakat anak-anaknya, kemudian menyediakan peralatan yang tepat untuk mengasah kreativitas mereka. Misalnya, kalau si anak suka dengan olah raga berikan dia peralatan olah raga anak-anak, kalau si anak suka menggambar berikan dia peralatan menggambar. Sebisa mungkin sediakan sebuah ruang khusus bagi anak-anak untuk bermain dan berkreasi, bisa di dalam kamar maupun di luar kamar. Ruangan ini tidak harus terlalu besar, tetapi cukup untuk si anak melalukan aktifitasnya.

Alangkah baiknya kalau anak-anak kita sudah mulai tumbuh mereka diikutsertakan dalam menentukan tema ruangan, khususnya kamar tidur. Karena di dalam kamar tidur itulah anak-anak beristirahat, belajar dan juga bermain.

Oleh karena itu, jangan menaruh terlalu banyak barang di kamar tidur si anak. Untuk kamar yang kecil gunakan barang-barang yang multifungsi, misalkan tempat tidur yang digabung dengan tempat menyimpan mainan di bagian bawah. Atau meja belajar/meja komputer yang digabung dengan lemari pakaian.

Share artikel ini:

Artikel Terkait