@shutterstock

Temukan Potensi dan Motivasi Untuk Si Kecil

Si Kakak lebih senang melukis dan menjelajahi alam, sedangkan si Adik lebih suka bernyanyi dan bersepeda. Setiap anak memiliki bakat yang berbeda-beda. Bakat tersebut bagian dari potensi diri si Kecil. Selain itu, bakat yang dimiliki oleh anak-anak tidak berkembang optimal bila tidak dilatih sedini mungkin. Nah, untuk menemukan potensi yang dimiliki oleh si Kecil, simak ulasan berikut ini yuk. Ada motivasi pendukungnya juga lho!

Menanyakan hal yang paling digemari

Bakat yang dimiliki oleh seorang anak biasanya tak jauh beda dengan hal yang paling digemarinya. Tanyakan kepadanya apa yang paling membuatnya tertarik untuk dilakukan sekarang ini? Bila buah hati Anda begitu gemar pensil yang beraneka warna, berikan motivasi bila dengan pensil warna tersebut si Kecil bisa membuat lukisan yang indah.

Menanyakan alasan kegemarannya pada suatu hal

Jika dengan menanyakan hal yang paling digemari Anda masih belum menemukan potensi yang pasti dari si Kecil, lanjutkan dengan memberikan pertanyaan tentang alasan kenapa dia begitu menggemari suatu hal. Misalnya saja, si Kecil sangat gemar membantu Anda memasak di dapur. Tanyakan apakah dia bercita-cita menjadi seorang koki atau chef? Berikan motivasi bahwa chef adalah orang yang paling pintar membuat makanan enak, si Kecil juga bisa menjadi chef.

Memperhatikan kebiasaannya

Menilai bakat yang dimiliki oleh anak tidak bisa dengan satu kali pengamatan atau mengajukan pertanyaan. Sebab, apa yang dikerjakannya sekarang belum tentu akan dilakukan secara berkelanjutan. Sebaliknya, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan kebiasaannya. Anak-anak akan memiliki kecenderungan melakukan hal yang sama, dari situlah Anda bisa memberikan motivasi agar si Kecil semakin bisa memaksimalkannya.

Mengajaknya jalan-jalan

Selain dengan mengamati kebiasannya bermain maupun beraktivitas, ajaklah si Kecil pergi ke beberapa tempat yang berbeda. Tidak harus setiap hari. Manfaatkan akhir pekan untuk mengunjungi museum, sanggar tari, teater musikal, komunitas olahraga, dan juga alam. Lakukan evaluasi untuk mengetahui tempat yang paling diminatinya. Jangan lupa untuk menanyakan langsung kepada buah hati Anda.

Tidak begitu sulit untuk dilakukan bukan? Selamat mencoba!

Share artikel ini:

Artikel Terkait