©shutterstock

Tidur Siang Bagi Anak-anak, Wajib Nggak Sih?

Anak-anak selalu ingin tahu banyak hal, termasuk ketika dia disuruh tidur siang. Ada kalanya, si kecil merasa bosan kenapa harus tidur siang melulu. Sesekali dia juga ingin main dengan teman-temannya di siang hari. Memang, tidur siang itu penting nggak sih, Bu?

Situs kidshealth menerangkan bahwa tidur merupakan kebutuhan utama bagi kesehatan yang bagus untuk tumbuh kembang kembang si kecil. Tidur siang juga membantu mencegah si kecil merasa kelelahan akibat  banyak beraktivitas. Sayangnya, tidur siang terlalu lama malah membuatnya tidak bisa tidur saat malam hari. Jadi waktu yang tepat si kecil tidur siang adalah sekitar 2 jam setiap harinya.

Selain itu tidur siang juga punya manfaat menakjubkan lainnya lho. Mau tahu? Simak di sini ya!

Meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi si kecil

Sebuah studi dari NASA menyebutkan bahwa tidur siang selama 40 menit akan meningkatkan kewaspadaan hingga 100 persen. Konsentrasi juga mengalami peningkatan karena semua lelah yang dirasakan sebelumnya telah hilang sehingga fokus bisa kembali lagi.

Mencegah kelelahan dan menyerap informasi lebih banyak

Kidshealth menyatakan, tidur siang 30 menit akan membantu proses penyerapan informasi yang dia dapat sebelumnya. Misal, saat di sekolah guru mengajarkan tentang penjumlahan angka. Saat pulang, segera suruh si kecil tidur siang agar informasi tadi terserap dengan sempurna.

Meningkatkan pertumbuhan

Ketika tidur, tubuh si kecil akan melepaskan hormon pertumbuhan. Nah, selain membantu pertumbuhan, zat ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi stress. Tidur siang juga membantunya melawan obesitas dan memperbaiki fungsi otot dalam tubuhnya, seperti yang dijelaskan dalam situs artofmanliness.com.

Good mood

Si kecil sedang bad mood? Coba ajak dia tidur siang. Cara ini efektif untuk mengembalikan moodnya dan membuatnya kembali bersemangat saat bangun nanti.

Sudah tahukan pentingnya tidur siang untuk si kecil? Sekarang, jika si kecil masih sulit untuk di suruh tidur siang, mungkin Anda memerlukan metode khusus seperti membacakannya dongeng atau semacamnya. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait