Tips Mudah Atur Keuangan Keluarga

Selain mengurus anak dan membersihkan rumah tugas ibu masih komplit sebenarnya. Siapa yang memasak kalo bukan ibu? Begitu juga membeli kebutuhan bulanan hingga merancang anggaran rumah tangga, hampir keseluruhan dipegang oleh ibu. Berbicara tentang keuangan keluarga, kadang masih saja ada ketidaksesuaian dengan rencana keuangan yang sudah dibuat. Barang yang semestinya tidak perlu dibeli tiba-tiba ikut mengurangi anggaran keuangan bulan ini.

Saat seperti itu mungkin Anda agak merasa kesal dan kecewa. Biar tidak terulang lagi, ikuti tips mengatur keuangan keluarga berikut ini.

Pastikan untuk menyisihkan uang bulanan

Cara ini tampak saat Anda menyuruh si kecil untuk menyisihkan uang sakunya. Namun, siapa yang sangka jika cara klasik ini memiliki banyak manfaatnya bagi keuangan keluarga. Anda dapat menyimpannya dan menggunakannya setiap waktu saat keuangan keluarga sedang tidak baik. Untuk menyimpannya celengan tidak menjadi masalah.

Tabungan pendidikan

Bila celengan dianggap kurang efektif untuk menyimpan uang dalam jangka panjang, Anda bisa menabungnya di bank. Anda bisa menyisihkannya untuk tabungan pendidikan anak di masa depan. Jika bisa Anda bisa membuka tabungan baru yang berbeda dengan tabungan reguler Anda. Dengan begitu, tak akan mudah terpakai untuk kebutuhan bulanan.

Tabungan kesehatan

Selain tabungan pendidikan, Anda juga perlu menyisihkan uang untuk berinvestasi di bidang kesehatan. Tak ada yang tahu kapan sakit datang. Adanya tabungan khusus atau investasi di bidang kesehatan bisa sedikit membuat Anda lega manakala si kecil atau keluarga jatuh sakit tanpa perlu khawatir mengganggu anggaran kebutuhan rutin keluarga. Bila tertarik, asuransi menjadi ide bagus yang bisa Anda coba.

Jauhi kartu kredit

Sampai saat ini, tagihan kartu kredit tetap menjadi momok baik pribadi maupun keluarga. Kartu ini memang selalu menggoda setiap orang yang hobi belanja. Jika tidak begitu perlu, sebaiknya tidak perlu membuka kartu kredit. Belajarlah hemat dan memenuhi kebutuhan secukupnya. Tak perlu menghamburkan uang saat sedang banyak. Sebaliknya, cobalah untuk berinvestasi agar bisa dimanfaatkan saat keuangan keluarga mengalami pasang surut.

Itu dia tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatur keuangan keluarga. Semoga berhasil ya, Bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait