@shutterstock

Tips Pintar Berlayar Bersama Si Kecil

Berlayar bersama keluarga kini menjadi populer dengan banyak alasan, tidak hanya penginapan dan makanan sudah tersedia dalam satu tarif, tapi juga dapat mengunjungi banyak tempat tanpa harus keluar masuk hotel dan bergulat dengan barang-barang sepanjang jalan. Selain itu, fasilitas yang lengkap dapat memberikan banyak kegiatan untuk mengisi liburan.

Dapatkan tips-tips untuk menjaga anak tetap tenang dan aman saat berlayar.

Persiapkan Si Kecil

Libatkan si Kecil dalam perencanaan liburan kali ini. Berikan informasi baik lewat brosur, buku, maupun film tentang suasana dan kegiatan yang bisa dilakukan saat berlayar. Biasanya saat berada di atas kapal, rutinitas akan berubah seketika dan terkadang anak-anak menjadi rewel. Tapi dengan memberitahukannya apa yang akan terjadi dan dialami, adaptasi terhadap suasana maupun tempat baru lebih mudah dilakukan, misalnya bagaimana bentuk kamar, di mana letaknya, fasilitas kolam renang, hingga lokasi tempat makan.

Kemasi Barang-barang Si Kecil

Saat bepergian, memang paling repot jika berurusan dengan mengemas barang-barang si Kecil, karena jumlahnya banyak dan bervariasi. Selain mengemas pakaian dan perlengkapan mandi favorit, jangan lupa untuk membawa tabir surya, anti nyamuk, dan obat anti mabuk laut yang khusus untuk anak. Bawa juga mainan atau buku favoritnya untuk mencegahnya mengalami kebosanan. Untuk Ibu, bawa selalu tas kecil yang berisi perlengkapan bagi keadaan darurat, seperti tisu, hand sanitizer, botol air, dan kudapan ringan seperti biskuit atau kacang-kacangan.

Tekankan Aspek Keselamatan

Setelah berada di kapal, mulailah percakapan dengan si Kecil tentang pentingnya mengikuti aturan yang ada. Jelaskan bahwa kapal dirancang untuk tetap aman, tapi tetap harus waspada dan bersiap-siap jika ada sesuatu yang terjadi. Periksalah dan tunjukkan keberadaan pelampung untuk berjaga-jaga. Ingatkan juga pada anak-anak untuk selalu meminta ijin saat akan keluar dari kamar atau pergi ke fasilitas hiburan. Minta untuk tidak berlarian supaya terhindar dari risiko menabrak orang lain atau cidera karena terpeleset.

Ikuti Rutinitas

DIkelilingi oleh fasilitas maupun hiburan yang dapat digunakan oleh si Kecil, cobalah untuk mengikuti rutinitas yang sudah terbentuk. Bangunkan setiap pagi di waktu yang sama dan minta anak beristirahat atau tidur siang untuk mencegahnya dari kelelahan, serta jangan biarkan mereka tidur terlalu malam. Beri pengecualian karena sedang menjalani liburan, ada waktunya untuk sedikit fleksibel. Jika ada kegiatan yang menarik perhatiannya, berikan sedikit waktu dan kebebasan untuk melakukannya.

Liburan sambil berlayar mengarungi laut ternyata bisa jadi kegiatan yang menyenangkan bersama si Kecil ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait