©shutterstock

Topik Kreatif Hidupkan Komunikasi Si Kecil

Orang tua mana yang tidak senang jika anaknya begitu cerdas. Lewat pola pikirnya yang matang si kecil dengan gamblang menyampaikannya kepada Anda. Tak ada keraguan sedikit pun dari apa yang dia katakan. Kepercayaan diri yang tinggi membuat Anda begitu takjub melihat kepintaran buah hati Anda. Kelancaran berkomunikasi perlu diasah dan dilatih sejak dini, karena komunikasi sendiri merupakan sarana berinteraksi dan mengenal dunia yang lebih luas.

 

Anda dapat mengasah kemampuan berkomunikasi anak dengan beragam topik kreatif berikut ini.

 

Membahas acara TV

Jika dimanfaatkan secara optimal, televisi bisa menjadi salah satu media kreatif yang dapat mengasah kemampuan berkomunikasi si kecil. Pilihkan acara anak-anak yang edukatif dan tontonlah secara bersama-sama dengan si kecil. Setelah acara berakhir, matikan televisi. Mulai ajak anak diskusi tentang acara tersebut. Awali dengan memberikan pertanyaan 'apa yang dia lihat dalam acara tersebut?', 'siapakah yang memerankannya?' sampai 'kenapa sampai peristiwa tersebut terjadi'.

 

Membahas musik

Sedang tak moody menonton televisi? Mendengarkan musik bisa jadi pilihan. Sediakan beberapa musik yang menarik, kemudian minta si kecil untuk memilihnya. Jika sudah memilih salah satu lagu, putar berulang-ulang sampai si kecil benar-benar memahaminya. Kemudian ajaklah si kecil bercerita tentang  apa yang ada dalam  musik tersebut. Selain dapat mengasah kemampuan bicara anak lewat bercerita, daya ingat si kecil juga ikut terangsang dengan fokus mendengarkan musik ini selama diputar.

 

Isu terhangat

Wah, sedang ada isu apa ini di sekitar? Tak perlu khawatir untuk melibatkan si kecil dalam wacana berita harian. Martha Holden, psikolog anak dari University of Houston menyebutkan bahwa melibatkan anak dalam isu hangat dan kontroversial yang sedang terjadi dapat merangsang pembentukan daya pikir yang lebih matang. Selain itu, dengan cara ini juga daya nalar si kecil terhadap isu yang sedang terjadi di sekitarnya ikut berkembang. Alhasil, dia begitu antusias saat diajak bicara tentang hal-hal terbaru yang sedang terjadi.

 

Isu lingkungan

Topik terakhir yang dapat Anda berikan kepada si kecil adalah tentang kondisi kekinian tentang lingkungan. Semakin buruknya kondisi alam saat ini membutuhkan kesadaran dini bagi para penerus kehidupan. Anda bisa memulainya dengan mengangkat isu penebangan hutan yang marak terjadi. Beritahukan kepada si kecil tentang dampak yang akan terjadi jika hutan ditebang terus-menerus, seperti akan terjadinya banjir dan longsor. Cara ini dapat membuat rasa kepedulian si kecil pada alam dapat terpupuk sejak dini, di samping kemampuan bicaranya yang semakin lancar.

 

Manfaatkan topik bahasan tersebut saat Anda dan si kecil sedang menikmati waktu luang. Family time pun berasa lebih berkualitas di rumah. Semoga berhasil ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait