©shutterstock

Trik Menghindari Pusing Saat Mengurus Si Kecil

Haduh... si kecil kok susah sekali diatur ya? Maunya menonton TV terus, tidak mau mandi dan makan. Dalam kondisi semacam ini mungkin Anda sebagai orang tua akan mengalami kepenatan. Terlebih jika saat itu banyak hal yang perlu untuk diselesaikan, membujuk si kecil agar lebih mudah diatur sama halnya dengan menghabiskan banyak waktu untuk satu hal saja. Sekalipun akhirnya berhasil, Anda akan merasa pusing karena sudah hampir larut malam namun beberapa pekerjaan rumah tangga belum selesai sepenuhnya.

 

Jika Anda mengalami hal semacam ini di rumah, trik berikut ini dapat menjadi solusinya.

 

Memberikan banyak waktu pada anak

Anak yang rewel tentunya bukan terjadi tanpa ada sebabnya. Banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Psikologi dan Terapis anak dari Amerika, Marie Hartwell-Walker, menuturkan untuk mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Tanyakan pada si kecil kenapa dia menangis atau tidak mau beranjak dari kursi di depan televisi. Biasanya kebiasaan semacam ini ditunjukkan sebagai salah satu cara agar Anda lebih memperhatikannya. Berikan banyak waktu dan gunakan pendekatan kasih sayang untuk menyelesaikannya. Anak pasti menurut, Anda pun tak lagi dibuat pusing.

 

Mintalah si kecil bercerita

Tak mau menjalani aktivitas dengan wajar, tak lantas membiarkan si kecil begitu saja. Tidak mungkin juga membiarkan buah hati Anda tak makan seharian. Bujuklah dia dengan lemah lembut dan mintalah dia menceritakan alasan kenapa si kecil enggan untuk menjalani aktivitas seperti biasanya. Jika si kecil punya masalah dengan teman-temannya ajak diskusi dan segera menemukan solusinya. Sementara jika dia hanya ingin varian menu makan yang berbeda, maka buatkan kreasi makanan yang lezat dan juga sehat. Menceritakan permasalahan adalah jalan terbaik yang bisa dilakukan untuk membuat Anda lebih tepat melayani dan merawat si kecil.

 

Tunjukkan kepedulian Anda

Orang tua mana sih yang tega melihat anaknya menderita? Jikalau hal itu kadang membuat anak kesal semata-mata hanyalah wujud kepedulian orang tua kepada anak. Menunjukkan rasa kepedulian orang tua kepada anak sejatinya perlu diterapkan sejak dini. Beritahukan kepada si kecil bahwa ibu menyuruh untuk mandi, makan dan tidur tepat waktu tak lebih untuk memberikan yang terbaik bagi dirinya. Berikan gambaran anak-anak yang masih larut malam harus berada di jalanan dan tidak memiliki orang tua, harusnya si kecil bersyukur karena masih ada Ibu yang memperhatikannya.

 

Jangan terlalu dimanjakan

Penyebab lainnya yang sering membuat Anda pusing dengan buah hati Anda menurut Marie adalah terlalu memanjakan anak. Orang tua berharap segala kebutuhannya terpenuhi, sehingga memberikan segala hal yang baru agar buah hatinya tidak sampai ketinggalan dengan anak lainnya. Ternyata hal ini berdampak negatif, karena si kecil menjadi lebih materialistik. Efek buruk lainnya dia menjadi susah diatur dan sering membangkang nasihat orang tua. Berhentilah memanjakan anak dan mulailah untuk mengajaknya hidup mandiri.

 

Apabila Anda bisa menerapkan trik tersebut dengan optimal, maka pusing saat mengurus anak pun perlahan bisa dihindari. Semoga berhasil ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait