©shutterstock

Ups, Anak Tak Mau Berpisah Dengan Diapers

Salah satu ikon parenting yang paling mudah ditemukan saat merawat si kecil adalah popok. Celana khusus si kecil ini memang didesain khusus agar memudahkannya ketika membuang kotoran. Anak-anak masih belum mampu membuang air secara mandiri. Akibatnya, si kecil seringkali buang air kecil dan buang air besar sesukanya. Adanya popok memudahkan para orang tua agar tidak perlu terlalu sering mengganti celana dalam si kecil.

 

Kemudian, sampai kapan kah anak-anak harus menggunakan popok? Anak-anak akan tumbuh  makin besar dan tidak mungkin menggunakan popok terus menerus. Namun, kadang anak-anak juga terlanjur nyaman menggunakan popok tersebut, sehingga perlu tips yang bisa menjauhkan si kecil agar tidak menggunakan popok secara berkelanjutan.

 

Kurangi pemakaian secara bertahap

Menghindarkan anak agar tidak menggunakan popok memang perlu, tetapi jangan sampai memaksa mereka secara langsung. Lakukan secara berkala, paling tidak Anda dapat memulainya dengan membiasakan si kecil untuk tidak menggunakan popok di rumah. Manfaatkan kamar mandi untuk melatih si kecil buang air kecil langsung ke tempatnya.

 

Minimalkan pemakaian di malam hari

Mungkin saat pagi atau siang si kecil masih bisa diajak ke kamar mandi untuk buang air, tetapi bagaimana saat di malam hari? Mengompol termasuk bagian dari kebiasaan anak yang perlu untuk diperbaiki. Lanjutkan dengan tidak menggunakan popok di malam hari agar anak tak terangsang untuk mengompol sehingga dia menjadi paham jika ingin buang air kecil harus pergi ke kamar mandi termasuk di malam hari.

 

Aplikasikan di luar

Sukses mengajari si kecil agar tidak menggunakan popok di rumah, tugas Anda berikutnya mengajak si kecil supaya mandiri total soal urusan kamar mandi. Langkah ini tidaklah mudah, sebab anak-anak kadang masih suka panik ketika ingin buang air dan ujung-ujungnya buang air di celana. Anda masih bisa memakaikan anak popok, namun tetap mengajak si kecil ke kamar mandi saat kebelet. Popoknya akan tetap kering hingga pada akhirnya buah hati Anda terbiasa menggunakan celana biasa.

 

Berikan edukasi

Sekali waktu tak ada salahnya menunjukkan kepada si kecil popok yang basah maupun kotor. Beritahukan kepadanya jika popok tersebut penuh dengan bakteri dan bisa masuk ke dalam tubuhnya. Maka dari itu jangan sering-sering menggunakan popok agar si kecil tidak mudah diganggu kuman. Mulanya mungkin dia tak takut, tetapi dari situlah anak bisa mulai enggan menggunakannya lagi.

 

So, langsung terapkan pada si kecil ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait