Usir Capek, Kembalikan Stamina!

Yaah... kok sudah merasa capek sih, padahal pekerjaan kan masih banyak. Tubuh memiliki kapasitas bergerak sesuai dengan porsi energi yang tersedia. Semakin melimpah energi yang diproduksi dalam tubuh maka semakin banyak aktivitas yang bisa dikerjakan. Namun, kekurangan energi kadang tak bisa dihindarkan, sehingga membuat tubuh benar-benar merasa letih. Supaya stamina tak mudah hilang, ikuti tipsnya berikut ini ya.

Periksa kesehatan

Kekuatan tubuh dalam bergerak turut dipengaruhi dengan kondisi kesehatan terkini. Orang yang sedang tidak enak badan akan mudah merasa lelah. Penyakit yang ada dalam tubuh mempengaruhi proses metabolisme hingga akhirnya kurang bisa mendukung kebugaran tubuh. Periksalah ke dokter untuk memastikan kesehatan Anda maupun keluarga.

Sering olahraga

Minimnya aktivitas fisik juga bisa membuat tubuh kurang bugar. Otot kurang terlatih untuk kontraksi maupun relaksasi secara teratur sehingga saat digunakan untuk beraktivitas berlebihan akan langsung merasa lelah atau kehabisan stamina. Kerry Stewart, profesor kesehatan dan psikologi kebugaran dari Johns Hopkins University School of Medicine, menjelaskan bahwa olahraga rutin minimal 15 menit setiap hari dapat membantu menjaga stamina tubuh tetap prima kala beraktivitas.

Konsumsi makanan sehat

Kerry menyebut makanan yang kaya protein seperti daging, unggas, ikan, telur dan juga kacang-kacangan diperlukan untuk membantu memaksimalkan proses pembentukan otot. Selain itu serat sayuran dan buah-buahan juga diperlukan untuk melancarkan proses pencernaan hingga mengoptimalkan penyerapan nutrisi. Hasilnya tubuh menjadi lebih bernutrisi dan tak mudah kehabisan energi.

Istirahat cukup

Jangan sampai membiarkan waktu sepanjang malam hanya untuk begadang tanpa ada tujuan yang pasti. Setelah olahraga dan makan yang sehat tubuh juga perlu beristirahat. Tujuannya tak lain mengaplikasikan nutrisi yang sudah ada dalam tubuh untuk membantu proses regenerasi sel. Fisik tubuh pun menjadi lebih bugar dan tak mudah kekurangan stamina.

Mudah diaplikasikan bukan, Bu?

Share artikel ini:

Artikel Terkait