©shutterstock

Wisata Budaya Mengajak Si Kecil Menikmati Meriahnya Imlek

Tarian barongsai dan pesta kembang api menjadi penanda kemeriahan tahun baru Imlek. Festival tahun baru China ini memang diselenggarakan dengan semarak. Dominasi warna merah dan beragam kuliner khas Imlek kian menguatkan suasana perayaannya. Imlek memang tidak dilaksanakan dalam sehari melainkan selama 15 hari berturut-turut yang biasa ditandai dengan perayaan Cap Go Meh.

 

Hari libur yang panjang ini tentu tak mau dilewatkan begitu saja kan? Ajaklah si kecil dan keluarga merayakan imlek dengan mengunjungi beragam wisata budaya di kota-kota berikut ini.

 

Semarang

Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu sentra masyarakat Tionghoa di Pulau Jawa, khususnya kota Semarang. Setiap Imlek tiba kota ini menggelar Pasar Imlek Semawis (PIS). Tak hanya kuliner khas Imlek, dalam pagelaran PIS juga banyak ditemukan panggung terbuka yang berisi atraksi kesenian Tiongkok seperti Wayang Potehi, Gambang Semarang, Twa Kok Djewee, Barongsai, permainan toya hingga wushu.

 

Singkawang

Bila memutuskan liburan Imlek ke Kalimantan Barat, jangan lupa untuk berkunjung ke Singkawang. Pasalnya, perayaan Cap Go Meh di Singkawang termasuk perayaan Imlek terbesar di Asia Tenggara. Berbeda dengan daerah lainnya, Singkawang menggelar ritual patung yang begitu terkenal. Dalam ritual ini perempuan, lelaki dan anak-anak akan berkumpul dan menjadi media penolakan roh jahat sisa tahun sebelumnya.

 

Yogyakarta

Kota keraton ini tak hanya identik dengan masyarakat dengan aksen Jawa kentalnya, Yogyakarta ternyata juga menjadi salah satu destinasi perayaan wisata budaya Imlek yang cukup terkenal. Anda dapat menikmati atraksi wisata budaya yang dikemas dalam Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta. Kegiatan yang bisa dinikmati dalam festival ini antara lain pameran, lomba bahasa mandarin hingga hiburan khas Imlek lainnya yang terpusat di kampung Ketandan.

 

Medan

Perayaan tahun baru Imlek di tanah Batak ini sudah tak asing lagi. Sejarah perdagangan Tiongkok dan Medan begitu kuat dalam perdagangan internasional, sehingga kultur budaya China di sini begitu terlihat dalam perayaan Imlek setiap tahunnya. Untuk menyambut Imlek, kota Medan menggelar Gebyar Imlek Fair yang berisikan beragam festival musik fantastis seperti rock, jazz dan pop serta hiburan menarik lainnya.

 

So, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi salah satu kota tersebut selama liburan imlek ya. Gong Xi Fa Cai!

Share artikel ini:

Artikel Terkait