©shutterstock

Wujudkan Semboyan Bersih Pangkal Sehat Buat Si Kecil

Sebagai orang tua tentunya Anda ingin memberikan yang terbaik bagi tumbuh kembang si Kecil. Tidak hanya menyediakan sarana edukasi terbaik dan makanan bernutrisi, tapi juga lingkungan yang sehat. Rumah adalah tempat pertama yang harus diperhatikan kebersihannya, karena si Kecil menghabiskan banyak waktu di dalamnya.

Meluangkan waktu untuk menjaga kebersihan dan kerapian rumah itu wajib lho, Bu. Banyak faktor yang dapat mengancam kesehatan keluarga, seperti kuman, sarang nyamuk dan debu penyebab alergi. Simak tips-tips mudah berikut ini untuk membersihkan rumah Anda.

Kamar Mandi

Salah satu tempat yang banyak menyimpan kuman berbahaya adalah kamar mandi. Lingkungan yang lembap juga rentan mengundang tumbuhnya jamur. Elizabeth Scott, PhD, wakil pimpinan Hygiene and Health in Home and Community di Simmons College, Boston menemukan bakteri Staphylococcus penyebab infeksi kulit 26% tumbuh di kamar mandi ketimbang di tempat sampah, yang hanya 6%. Gunakan pembersih desinfektan seminggu sekali di lantai kamar mandi, toilet, bak mandi, dan dinding. Bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk menurunkan penutup toilet sebelum menyiramkan air untuk menghindari penyebaran bakteri.

Ruang Bermain

Tempat si Kecil bermain bisa jadi sarang bakteri dan debu yang dapat memicu alergi. Biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang mainan. Bersihkan lantai sebelum mulai bermain menggunakan larutan yang mengandung anti bakteri yang aman bagi si Kecil. Jika menggunakan karpert, rutinlah menyedot debu dengan vacuum cleaner, demikian saran Michael G. Schmidt, PhD, professor sekaligus pimpinan Department of Microbiology and Immunology di Medical University of South Carolina. Jangan lupa bersihkan mainan dengan mencuci mainan berbahan plastik atau menyedot debu pada yang berbahan kain dan bulu.

Tempat Tidur

Si Kecil menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur. Sel-sel kulit mati dan tungau yang hidup di kasur maupun sprei dapat menyebabkan gejala-gejala alergi, seperti mata gatal, hidung meler, bahkan asma. Rutin mencuci sprei menggunakan air panas, menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu, sel-sel kulit mati, dan tungau dapat mencegah gejala di atas terjadi. Jangan lupa juga ya Bu untuk rutin menyapu dan mengepel lantai untuk menghindari perpindahan debu dari lantai ke atas tempat tidur.

Dapur

Ada banyak tempat di dapur yang menyimpan kuman, salah satunya adalah E. coli penyebab penyakit saluran pencernaan. Michael menyarankan untuk membersihkan meja dapur dan tempat cuci piring setiap kali selesai memasak, dengan pembersih antibakteri. Buang kantung sampah setiap hari untuk menghindari perkembangbiakan kuman dan bau tak sedap.

Luangkan sedikit waktu untuk menjaga kebersihan rumah, demi kesehatan keluarga, terutama si Kecil.

Share artikel ini:

Artikel Terkait