Yuk, Ajak Si Kecil Hidup Hemat!

8b13c7fbda6cc2e680b11276b895b25830c9c408.jpeg

Sekarang ingin beli es krim, belum sampai habis sudah ingin beli kentang goreng. Padahal, sebelumnya sudah membeli pizza dan burger. Kemudian, apalagi ya? Bukan hal baru jika anak-anak sangat ingin membeli apa yang mereka kehendaki. Sekali dua kali saja mungkin tak masalah, tetapi jika hal itu terjadi setiap hari akan buruk bagi si kecil kedepannya. Selain membuatnya rawan mengalami penambahan berat badan, secara tak langsung juga akan membuat si kecil tumbuh menjadi orang yang memiliki sikap konsumtif. Untuk mengatasinya, Sahabat Nestle akan membagikan tipsnya.

Pemahaman
Jika anak kecil suka jajan dan membeli banyak barang yang dia inginkan, tentunya sudah menjadi kewajaran karena dia belum paham arti hidup hemat. Maka dari itu, sebagai orang tua Anda harus bisa memberikan edukasi dan pemahaman tentang tujuan membeli barang, gunanya untuk apa sesudah dibeli dan apa dampaknya jika barang yang dibeli terlalu banyak. Lakukan dengan penuh kesabaran agar si kecil memahaminya.

Penegakan
Setelah memberikan pemahanan, hal lain yang perlu Anda terapkan pada si kecil adalah sikap disiplin. Anda bisa menerapkannya dengan menyuruh si kecil menulis dahulu setiap barang yang ingin dibelinya. Lewat cara ini si kecil tidak sampai membeli yang berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan. Dia juga bisa melakukan kontrol diri agar tidak membeli barang yang kurang dibutuhkan.

Pengawasan
Jangan hanya membiarkan si kecil menerapkannya sendirian. Terapkan pengawasan terhadap proses belajar hidup hematnya. Ingatkan jika si kecil lupa dan lepas kontrol saat berbelanja. Dengan begitu, kegiatan belajar si kecil tentang cara hidup yang hemat bisa berjalan dengan benar setiap saat.

Percontohan
Hal lain yang tak kalah penting adalah sikap Anda sebagai orang tua untuk memberikan teladan bagi buah hati Anda. Jika Anda bisa hidup dengan hemat dan tak mudah boros saat berbelanja, maka si kecil akan lebih mudah untuk menirunya. Sebaliknya, bila Anda hanya menyuruh si kecil sementara Anda tidak mencontohkan dengan baik, maka si kecil juga akan malas untuk hidup hemat. Sebab, dia selalu berkaca dari orang yang ada di sekitarnya saat menerapkan sebuah sikap.

Cobalah untuk hidup lebih hemat dan tidak mudah hidup konsumtif bersama si kecil dari sekarang ya.