©shutterstock

Yuk Ajari Si Kecil Menyikapi Kritik Sosial

Kehidupan di masyarakat memang cukup majemuk. Beragamnya komunitas sosial yang ada di lingkungan membuat masing-masing orang perlu menyesuaikan diri, karena tidak selamanya hubungan sosial berjalan baik. Di satu waktu akan ada kritik sosial yang mungkin diterima. Kritik ini terjadi lantaran aktivitas yang dilakukan kadang kurang sesuai dengan anggapan masyarakat.

Ternyata, kritik sosial tidak hanya terjadi di kalangan orang dewasa. Lingkungan anak-anak juga dapat memunculkan kritik sosial. Sebut saja ejekan antar teman. Supaya si kecil dapat menyikapinya dengan bijak, edukasikan cara menyikapi kritik sosial berikut ini.

Berpikir positif
Menanamkan sikap positif pada si kecil memang perlu diterapkan sedini mungkin. Salah satunya dengan mengajarkan anak cara berpikir positif. Sikap ini diperlukan agar si kecil lebih tenang dan tidak mudah terpancing emosinya saat menerima kritikan dari orang lain. Kritikan tidak melulu bersifat negatif, jika dicerna lebih dalam kritikan bisa menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki diri.

Simpan barang-barang yang mengundang kritik
Cara ini digunakan bila hal-hal yang bisa menyebabkan pikiran negatif berbentuk atau tertuang dalam sebuah benda. Misalnya saja karena sepatu baru yang kebesaran membuat si kecil diejek temannya. Bisa jadi saat ini dia belum pas mengenakannya, mintalah dia untuk menyimpannya. Kelak jika sudah bertambah besar, bisa dipakai lagi. Persilahkan si kecil menggunakan sepatu lama yang ternyata masih cukup bagus. Dia bisa pergi ke sekolah dengan tenang, tanpa khawatir mendapatkan kritikan.

Berpikir dari sudut pandang beda
Di samping itu kritikan tidak harus selalu ditanggapi dengan jalan pikiran yang sama dengan orang yang memberikan kritikan. Anda bisa mengajari si kecil untuk berpikir dan menyikapi dari sudut pandang berbeda. Tentunya pemikiran yang positif. Sebut saja alasan kenapa si kecil mendapatkan kritikan dari temannya lantaran sepatu yang kebesaran dikarenakan sepatu itu paling bagus dan belum ada yang punya. Sikap ini akan melatih anak agar lebih berjiwa besar.

Yakin sudah benar
Tanamkan padanya bila merasa apa yang sudah dipilih benar dan sesuai dengan aturan, maka harus yakin untuk menjalaninya. Kritikan orang lain hanya akan terjadi sesaat. Sesuatu yang benar akan diterima secara pelan-pelan. Yakinkan si kecil bila hal semacam ini sudah biasa. Mendorongnya untuk lebih percaya diri dan bersikap seperti kesatria adalah solusi terbaik demi menumbuhkan pendewasaannya.

Mulai kenalkan secara bertahap pada si kecil. Anda bisa memberikan contoh kritik sosial sederhana yang mudah terjadi lingkungan sekitar. Semakin sering si kecil diberikan pemahaman ini, semakin pintar pula dia menjalani kehidupan sosialnya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait