@shutterstock

Yuk Dorong Si Kecil Lebih Percaya Diri

Tahun baru waktunya untuk melakukan perubahan diri yang lebih baik, termasuk juga si kecil yang harus Anda bantu agar bisa tampil percaya diri di depan banyak orang. Kepercayaan diri pada anak memang tak bisa muncul secara instan. Perlu dorongan secara bertahap agar kepercayaan diri pada ini bisa terbentuk sedikit demi sedikit. Jika di tahun sebelumnya Anda tak sempat membantu si kecil untuk tampil percaya diri, maka dapat Anda ganti di tahun ini.

Beragam langkah mudahnya dapat Anda simak berikut ini.

Dengarkan kata hati si kecil
Anxiety and Depression Association of America menjelaskan jika rasa kepercayaan diri anak yang terlambat datang bukan terjadi tanpa sebab. Banyak alasan yang melatarbelakangi kenapa hal itu bisa terjadi. Mintalah si kecil untuk bercerita dan memberitahukan beragam alasan yang membuatnya tidak percaya diri.

Berikan pertanyaan
Usai si kecil bercerita kepada Anda tentang beragam alasan yang membuatnya tidak percaya diri, kemudian berikan pertanyaan yang membuatnya perlu melakukan seperti itu. Jika si kecil tidak percaya diri karena malu, maka tanyakan apa yang membuatnya sampai merasa malu? Langkah ini dapat membantu si kecil untuk introspeksi diri secara perlahan.

Yakinkan kepercayaan
Buah hati Anda sudah menceritakan tentang penyebab dia kurang percaya diri karena malu, maka yakinkan kepadanya bahwa tak ada yang perlu dirasa malu dari dirinya. Mintalah si kecil melihat dirinya yang masih sehat, punya tangan dan kaki yang lengkap, wajahnya pun juga tampan maupun cantik sembari menceritakan banyak orang di luar sana yang tidak memiliki tubuh yang sempurna, tetapi mereka tak pernah malu untuk berkarya.

Anda juga bisa memberikan contoh beberapa orang yang semangatnya tinggi dan tak pernah malu untuk tampil di depan umum lantaran merasa dirinya tak sempurna. Rasa tidak percaya diri sebenarnya muncul karena keyakinan yang ditanamkan oleh dirinya sendiri. Ajaklah si kecil untuk menghilangkan perasaan tersebut. Sebagai gantinya doronglah buah hati Anda agar dia menjadi pribadi yang berani dan penuh percaya diri, karena si kecil juga berhak menjadi yang terbaik dari lainnya.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait