Yuk Peroleh Manfaat dari Permainan Mengasah Otak

Mengasah otak tidak hanya berkaitan dengan bidang akademis serta ilmu pengetahuan secara umum, tetapi juga dapat berkaitan dengan permainan yang sangat disukai oleh si Kecil. Apa yang si Kecil lihat, rasakan, dengar, dan alami ternyata dapat membantu menstimulasi otaknya. Dengan demikian, jangan sepelekan waktu si Kecil yang banyak dihabiskan dengan bermain ya, Bu. Bola, balok, boneka, serta aneka mainan si Kecil ternyata memiliki peranan penting untuk pembelajarannya. Apa saja manfaat dibalik permainan mengasah otak yang dapat si Kecil peroleh? Berikut daftar manfaatnya!

  1. Mengasah kemampuan memecahkan masalah

Dengan bermain, Ibu dapat mengajari si Kecil mengenai bagaimana cara mengatasi permasalahan. Salah satu permainan mengasah otak yang dapat mendukung kemampuan si Kecil ini adalah puzzle. Dengan belajar proses menyelesaikan potongan puzzle, si Kecil juga dapat berlatih agar lebih sabar dan tidak mudah menyerah.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Berkaitan dengan poin sebelumnya, yaitu mengasah kemampuan memecahkan masalah, si Kecil yang berhasil menyelesaikan masalah melalui permainan mengasah otak yang ia mainkan akan mengalami peningkatan rasa percaya diri.

  1. Mengasah kemampuan motorik

Permainan mengasah otak dengan banyak gerakan, seperti melempar atau memindahkan benda dapat membantu si Kecil meningkatkan kemampuan motoriknya, baik motorik halus ataupun kasar. Bermain juga dapat menyeimbangkan kedua jenis motorik tersebut.

  1. Meningkatkan kemampuan koordinasi

Kegiatan dalam permainan mengasah otak dapat juga meningkatkan kemampuan fisiknya, terutama mengasah koordinasi antara mata dan tangan. Misalnya, apabila si Kecil bermain bola, si Kecil akan lebih fokus menggunakan mata, tangan atau kakinya.

  1. Membantu mengasah memori

Dalam permainan mengasah otak, tentunya ada aspek-aspek edukatif, seperti mengingat bentuk ataupun warna. Daripada belajar, si Kecil tentunya akan lebih senang dan cepat mengingat warna dan membedakan bentuk. Yuk asah kemampuannya mulai dari sekarang, Bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait