3 Hal Yang Perlu Dihindari Untuk Menambah Nafsu Makan Si Kecil

5546e53374c0d579ab67de7fa689ceef156f7fa1.jpeg

Menjadi seorang Ibu tentunya memiliki banyak tantangan ketika mengurus si kecil. Pada masa ketika ia mulai tidak hanya mengonsumsi susu saja, Ibu mungkin memiliki keluhan karena si kecil kerap tidak menghabiskan makanannya atau sering malas-malasan ketika makan. Supaya kebiasaan buruk tersebut tidak memperngaruhi tumbuh kembangnya, yuk segera hindari beberapa perilaku di bawah ini!

  1. Memberikan porsi yang terlalu besar

Bagi si kecil yang malas makan, ia tentunya tidak suka apabila melihat makanan dengan porsi yang terlalu besar. Si kecil juga akan merasa terbebani jika ia harus menghabiskan porsi yang disajikan di atas piring. Berikanlah si kecil porsi secukupnya untuk menambah nafsu makan. Jika nafsu makan si kecil sudah kian bertambah, Ibu dapat secara perlahan-lahan menambah porsi makannya.

  1. Meminum air sebelum makan

Meminum air bagi si kecil sebelum makan merupakan hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Ketika si kecil minum terlalu banyak cairan sebelum makan, ia cenderung mudah merasa kenyang. Jika si kecil merasakan haus, berikanlah ia sedikit air sebelum waktu makannya. Dengan minimnya konsumsi cairan sebelum makan, perut si kecil dapat mengonsumsi lebih banyak makanan. Beberapa jenis minuman seperti juice buah atau soda juga perlu dihindari jika Ibu ingin menambah nafsu makan si kecil karena dapat membuat perutnya kenyang lebih cepat.

  1. Menyajikan camilan sebelum makan

Agar menambah nafsu makan si kecil, hindari memberikan camilan pada waktu yang berdekatan dengan waktu makannya ya, Bu. Buatlah jadwal makan si kecil agar waktu makannya tetap teratur. Jika camilan dan makan besar diberikan pada waktu yang tidak terlalu jauh, si kecil tentu lebih mudah untuk menolak makan dengan alasan masih merasa kenyang. Ibu juga perlu mencermati jenis camilan yang diberikan kepada si kecil agar tetap bersifat menyehatkan ya, Bu.