Kreasi Resep Jajanan Sehat ala Sahabat Nestlé

ca578f3a46021d1e513e4aa0a293311f0b1a4454.jpeg

Jajan merupakan kegiatan membeli makanan yang erat dengan keseharian si Kecil. Tidak hanya makan besar, si Kecil memang membutuhkan camilan di antara waktu makan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan gizi guna proses tumbuh kembangnya. Tetapi, mendukung tumbuh kembangnya perlu disertai dengan makanan yang bergizi baik.

Untuk menyikapi semakin banyaknya jajanan dengan aneka bentuk, rasa, serta warna yang menarik minat si Kecil, namun belum tentu berdampak baik untuk kesehatannya karena mengandung banyak tambahan zat kimia. Sebagai orangtua, Ibu tentunya ingin yang terbaik untuk si Kecil. Ibu perlu membekalinya dengan aneka camilan sehat dan menarik yang dapat membuat si Kecil bersemangat ketika mengonsumsinya. Berikut kreasi jajanan sehat ala Sahabat Nestlé yang dapat Ibu buat sendiri di rumah.

  1. Siomay isi sayur

Siomay tidak hanya dapat Ibu beli di luar, kini Ibu dapat membuat sendiri. Tidak hanya lebih higienis, isinya pun dapat Ibu berikan variasi agar si Kecil tidak mudah bosan dan belajar untuk makan sesuatu yang baru, misalnya dengan siomay isi sayur ini. Siomay isi sayur dapat menjadi cara baru agar si Kecil mau makan sayur, lho. Dilengkapi dengan isi ikan tenggiri, Ibu juga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D, protein, vitamin B, dan selenium si Kecil. Dilansir dari National Health Service Inggris, ikan tenggiri juga merupakan sumber omega 3 yang baik untuk perkembangan otak si Kecil.

  1. Pisang keju krispi

Mengonsumsi gorengan yang dibeli di luar terkadang membuat Ibu khawatir dengan keamanan dan kebersihan pada proses pembuatannya. Supaya mencegah si Kecil membeli gorengan di luar, Ibu dapat membuat gorengan yang lebih menarik dan juga bergizi, seperti pisang keju krispi. Selain tampilannya yang menggugah selera, si Kecil juga dapat  memperoleh manfaat kalsium dari susu serta keju yang menjadi bagian dari bahan pembuatan. Ibu pun juga bisa memastikan minyak yang dipakai untuk menggoreng dalam keadaan baik.

  1. Es campur

Es yang segar merupakan sajian yang pas untuk dinikmati saat siang hari. Tidak heran, banyak es warna-warni yang dijajakan untuk menjadi pelepas dahaga. Yuk Bu, agar menghindari si Kecil membeli jajan sembarangan, sajikan es campur di rumah untuk membuatnya kembali bersemangat ketika pulang sekolah. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan seperti MILO, nata de coco, kacang merah rebus dan kelapa muda, Ibu dapat membuat es campur yang segar dan menyehatkan.

  1. Martabak mini

Aneka jajanan berukuran kecil, seperti martabak mini, dapat dengan mudah ditemukan di sekolah. Sayangnya, Ibu tidak dapat menjamin kebersihan dan keamanan bahan pangan. Sebagai alternatif saat ia hendak pulang sekolah, Ibu dapat mencoba membuat resep jajanan anak yang satu ini. Jangan lupa untuk menyediakan kulit lumpia siap pakai terlebih dahulu untuk mempermudah Ibu dalam mengolah martabak mini.