Pastikan Kandungan Ini Ada Di Dalam Resep Jajanan Anak Anda

c9468b89c0e5e6f92ec7fb927911c1d6d47ae623.jpeg

Pada kelompok usia 6-12 tahun, aktivitasnya meningkat karena mulai disibukkan dengan kegiatan di sekolah, bermain. Tawaran jajanan dan keterpaparan terhadap sumber penyakit infeksi menjadi tinggi, pada masa ini juga pertumbuhan berkembang pesat sehingga si Kecil perlu asupan tambahan. Tak jarang, mereka tergiur akan tawaran jajanan dan pengaruh dari teman. Yang Ibu perlu waspadai jika si Kecil mulai sering membeli macam-macam jajanan yang tidak sehat. Oleh karenanya, Ibu perlu kreatif dalam menyiapkan kudapan untuk si Kecil.

Mencoba resep jajanan anak memang penuh tantangan karena memerlukan kreativitas agar minat si Kecil untuk mencoba semakin besar. Apalagi, umumnya sifat si Kecil selalu ingin mencoba makanan baru yang warna dan bentuknya menarik. Tidak perlu yang sulit, Ibu dapat memulai mencoba membuat makanan dari resep jajanan anak yang paling mudah. Yang penting adalah kudapan tersebut mengandung nutrisi yang baik untuk si Kecil. Kudapan bernutrisi baik akan mampu memberikan si Kecil energi ekstra untuk beraktivitas. Jangan lupa untuk menghindari pemakaian bahan pangan yang keamanannnya atau efek kesehatannya diragukan agar si Kecil terhindar dari gangguan pencernaan. Selain waktu dan porsinya, Ibu perlu memerhatikan kandungan yang perlu ada dalam resep jajanan anak Ibu.

  1. Serat

Si Kecil terkadang malas untuk makan buah? Oleh karena itu, diperlukan kreativitas lebih dari Ibu agar bisa mengolah buah menjadi kudapan yang menarik bagi si Kecil. Sebagai contoh misalnya, crepes sering ditemukan di lingkungan sekolah si Kecil, namun sebagai variasinya, Ibu dapat membuat crepes di rumah dengan topping buah supaya menjadi cara makan buah baru untuk si Kecil. Selain mengandung vitamin dan mineral, buah juga mengandung serta yang baik untuk pencernaan si Kecil.

  1. Protein

Protein dibutuhkan tubuh si Kecil untuk membantu memperkuat sistem imun. Daripada si Kecil mengonsumsi aneka jajanan yang justru merusak sistem imunnya, Ibu dapat membantu menyediakan jajanan anak yang terbuat dari sumber protein yang baik, seperti telur gulung atau omelet.

  1. Kalsium

Ibu, jangan biarkan si Kecil kekurangan kalsium ,yang berperan penting bagi tulang si Kecil, pada masa tumbuh kembangnya! Penuhi kebutuhan kalsiumnya dengan memberikannya jajanan dengan tambahan susu, keju, ataupun yoghurt. Selain tampilannya yang menarik, rasanya yang gurih dan lezat pun tentunya akan disukai oleh si Kecil.