©shutterstock

4 Karya Budaya Indonesia Yang Masuk Warisan Dunia

Di antara banyak ragam karya budaya di Indonesia terdapat nama Batik, Keris, Angklung, dan Wayang yang telah diakui oleh UNESCO, sebagai warisan budaya asli Indonesia. Yuk, ajak si Kecil untuk mengenal lebih jauh mengenai keempat karya budaya tersebut untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa dan menjaga akar budaya Indonesia.

Batik

Ragam batik di Indonesia banyak tersebar dari Sumatra, Jawa, dan Bali, dengan aneka macam corak dan warna, yang menunjukan ciri khas daerah masing-masing. Batik dari Jawa dibagi menjadi dua, batik pedalaman dengan warna tanah seperti coklat, hitam, dan kuning sedangkan batik pesisir, yang tersebar di pantai utara Jawa, lebih bervariasi dengan warna-warna yang mencolok. Batik pasundan yang bermotif flora dan burung banyak dijumpai di daerah Ciamis, Garut, Tasikmalaya, Kuningan, dan Cirebon. Bali yang dipengaruhi budaya dari Jawa juga mempunyai Batik dengan tenun ikat yang terkenal. Mengandalkan warna-warna cerah dan motif bunga, batik dari Bali banyak dijadikan oleh-oleh bagi turis mancanegara maupun domestik.

Keris

Keris dahulu digunakan oleh masyarakat Jawa Tengah sebagai senjata dan penunjuk strata sosial. Kini telah berubah fungsi menjadi benda koleksi dan juga souvenir bagi para turis. Keris pada umumnya berukuran 33-37 cm dan terdiri dari dua bahan utama, kayu yang menjadi pegangan dan besi yang ditempa secara khusus menjadi bagian bilah dari keris itu sendiri. Bentuk bilah dari keris ada dua macam, lurus dan berlekuk. Antara satu keris dan lainnya dapat dibedakan dengan melihat ukiran yang ada pada bilah.

Angklung

Berasal dari daerah Sunda, alat musik yang terdiri dari dua batang bambu ini pada awalnya digunakan untuk memanggil Dewi Sri, dewi kesuburan, untuk memberikan berkatnya pada masa tanam. Kini Angklung, yang berasal dari bahasa sunda angka yang berarti nada dan lung yang berarti hilang, telah dikenal di seluruh dunia. Tidak sedikit warga negara asing yang tertarik untuk belajar memainkannya, bahkan kota Eindhoven, Belanda dan Washington, Amerika Serikat mempunyai wadah untuk warganya yang ingin belajar alat musik asli Indonesia ini.

Wayang

Indonesia juga terkenal akan kesenian wayang, terutama wayang kulit yang berasal dari daerah Jawa tengah. Dimainkan oleh seorang dalang, pertunjukan wayang kulit amat menarik untuk ditonton terutama karena lakon yang dimainkan banyak mengandung petuah-petuah bijak dalam kehidupan. Sayangnya kesenian wayang semakin pudar terutama di kota besar, karena tergerus budaya modern.

Agar generasi selanjutnya dapat menikmati kekayaan budaya Indonesia, sudah jadi tanggung jawab kita semua untuk melestarikannya ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait