@Shutterstock

Ajak Si Kecil Mengenal Museum Bank Indonesia

Biasanya museum identik dengan tempat yang membosankan dan tidak menarik, terutama bagi si Kecil. Tapi pemahamannya akan berubah saat Anda mengajaknya ke Museum Bank Indonesia yang ada di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Selain gratis biaya masuk, salah satu museum terbaik di Indonesia ini akan menambah pengetahuan anak tentang sejarah bangsa Indonesia, dari segi perekonomian.

Museum Bank Indonesia ini dulunya dibangun di bekas rumah sakit bernama Binnen Hospital, dan digunakan oleh De Javasche Bank (DJB) pada tahun 1828. Kemudian setelah Indonesia merdeka, bank tersebut dinasionalisasi pada tahun 1953 dan diubah menjadi Bank Sentral atau Bank Indonesia. Pada tahun 1962, Bank Indonesia pindah ke gedung baru dan tempat tersebut dibiarkan kosong hingga digunakan sebagai Museum Bank Indonesia, yang dibuka oleh Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, pada tanggal 21 Juli 2009.

Yang unik dari museum ini adalah semua tampilan disajikan menarik dengan tambahan audio visual. Ruang pertama memamerkan rute perdagangan awal lengkap dengan foto dan biografi pedagang terkenal. Ada juga contoh rempah-rempah dan berbagai barang yang diperdagangkan lengkap dengan penjelasan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Selain dilengkapi dengan permainan cahaya, lampu sorot, dan latar belakang musik keroncong, pengunjung juga dapat memutar bola dunia, menonton video di layar sentuh, dan mendengarkan klip audio pidato bersejarah.

Museum ini ditujukan untuk memperkenalkan peran Bank Indonesia terhadap sejarah Indonesia, seperti kebijakan moneter dan sistem pembayaran yang berubah dari waktu ke waktu. Museum Bank Indonesia juga menyediakan pengetahuan tentang sejarah mata uang dan perdagangan di Indonesia dari era pra-kolonial hingga sekarang, yang tersaji dengan tampilan audio visual.  Ada juga fakta dan koleksi benda-benda bersejarah pada periode sebelum berdirinya Bank Indonesia, seperti kerajaan nusantara dan koleksi mata uang lama sejak abad ke-14 dari seluruh dunia. Yang menarik, beberapa seragam dari jaman penjajahan dan perjuangan kemerdekaan Indonesia dikemas apik dalam kotak kaca yang diberi lampu, kemudian diletakkan di ruang yang gelap. Sungguh menarik perhatian orang-orang yang datang mengunjungi museum ini.

Tampilan Museum Bank Indonesia yang dibuka untuk umum, setiap hari kecuali hari Senin dan hari libur, ini dikemas modern untuk menghilangkan kesan gelap maupun suram yang identik dengan museum-museum lain di Indonesia. Tidak ada salahnya untuk mundur sejenak dari lalu lintas kota dan mal, serta belajar sedikit tentang negara sendiri. Selamat berlibur ya, Bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait