@shutterstock

Asyiknya Berlibur di Kampung Nelayan Cipanon

Indonesia selalu menawarkan destinasi wisata unik dan edukatif yang tidak ada habisnya. Untuk menghabiskan musim liburan kali ini, tidak ada salahnya mencoba mengunjungi Kampung Nelayan Cipanon yang berlokasi di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Untuk mencapainya, Anda hanya perlu 20 menit dari Tanjung Lesung menggunakan speed boat. Di perkampungan nelayan ini, tidak hanya keindahan panorama pantai dan bawah lautnya yang bisa dinikmati, tapi kita juga dapat melihat aktivitas keseharian penduduk nelayan pada si Kecil.

Penduduk Cipanon mulai membangun kampung wisata ini dengan membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat Wahana Anak Pantai (KSM WAP) pada tahun 2005. Kelompok ini didirikan sebagai upaya untuk melestarikan biota dan lingkungan laut Cipanon. Karena sudah dijadikan kampung wisata, Anda tidak perlu mengkhawatirkan fasilitas penginapan di Kampung Nelayan Cipanon ini. Di sini kita sudah ditunjang akomodasi berupa hotel, homestay, maupun penginapan yang sangat memadai.

Di Kampung Nelayan Cipanon ini, daya tarik utamanya adalah dapat menyaksikan dan mengikuti aktivitas keseharian nelayan setempat. Bagi penggemar fotografi, ada banyak kesempatan yang bisa diabadikan seperti saat nelayan merapikan jala, menyiapkan alat tangkap tradisional seperti sero, bangan, dan keramba, serta saat mereka menyiapkan kapal motor atau sampan. Anda juga bisa mencoba pengalaman melaut bersama nelayan sambil menikmati hembusan angin laut dan percikan air laut yang menyegarkan kulit. Perhatikan juga bagaimana nelayan menaiki sero yang terbuat dari bambu yang digunakan untuk menangkap ikan kerapu, cucut, teri, gurita, cumi, udang, dan belut. Kampung Nelayan Cipanon ini sangat nyaman dikelilingi dengan sampan karena kondisinya yang bersih, asri, dan bebas bau amis.

Kampung Nelayan Cipanon juga menyediakan berbagai aktivitas menarik yang dikemas dalam wisata outbound yang unik dan seru. Kegiatan yang cocok dilakukan oleh keluarga ini diawali dengan melakukan penanaman terumbu karang baru di Pulau Liwugan, pulau berpantai pasir putih yang berjarak 35 menit perjalanan menggunakan speed boat. Selain ikut melestarikan terumbu karang, Anda akan diajak melakukan fun games, memancing, dan menyelam.

Selain outbound, memberi makan burung camar dapat menjadi pengalaman yang asyik dan unik bagi anak-anak. Proses memberi makan burung camar ini dilakukan di tengah laut. Biasanya nelayan memberikan umpan dari hasil tangkapan mereka, berupa ikan-ikan yang dilemparkan ke udara. Dalam beberapa detik, Anda bisa menyaksikan sigapnya burung-burung camar datang menyambar ikan-ikan tersebut. Nah tunggu apalagi, ajak keluarga untuk datang ke Kampung Nelayan Cipanon ini ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait