Persiapan Traveling dengan Keluarga

Beda Traveling, Beda Pula Persiapannya!

Di bumi ini ada banyak tempat eksotis yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari pantai, gunung, hutan, kota, dan lain sebagainya. Setiap tempat memiliki karakteristik yang berbeda-beda, begitu pula dengan persiapannya.

Pantai

Indonesia punya banyak sekali pantai indah di tiap pulaunya. Bahkan ada lho yang belum terekspos ke dunia luar sehingga masih bersih dan alami. Traveling ke pantai, tidak perlu membawa banyak barang seperti main ke gunung. Cukup satu ransel dengan isian berupa baju-baju ringan, sandal, dan hammock untuk bersantai menikmati semilir angin. Tapi kalau Anda berencana camping, jangan lupa bawa tenda dan peralatan masak portable. Paling enak sih, ikut paket dive tour. Jadi bisa mengeksplorasi pantai-pantai tersembunyi sambil menikmati keindahan bawah lautnya.

Pegunungan

Butuh persiapan ekstra kalau traveling ke gunung. Tubuh harus dalam kondisi prima dan mental sudah siap dengan segala macam kemungkinan yang akan terjadi. Untuk perlengkapannya, siapkan tenda, sleeping bag, jaket tebal waterproof, sepatu gunung, alat masak, perbekalan makanan siap masak, topi, kaca mata hitam, t-shirt, dan celana ringan. Jangan pakai jeans karena bisa mengganggu kaki berjalan dengan bebas.

Di Indonesia ada banyak gunung yang bisa dijelajahi. Mulai dari Rinjani, Semeru, Pangrango, Sindoro, Sumbing, Kerinci, dan lain-lain. Landscape yang disajikan juga beragam. Anda pasti suka sekali main ke tempat ini karena selain jauh dari kebisingan kota, banyak pengalaman dan pandangan hidup baru yang bisa didapatkan.

Perkotaan

Traveling ke kota tidak seribet ke gunung atau ke pantai. Anda cukup membawa dokumen penting seperti paspor, visa, KTP, tiket pesawat, dan kartu kredit. Di lanjutkan dengan pakaian sesuai musim, sandal dan sepatu yang nyaman, serta kamera untuk mengabadikan momen menarik.  kalau pergi sendirian, jangan lupa bawa buku panduan dan pelajari bahasa setempat supaya tidak kesulitan berkomunikasi dengan penduduk lokal.

Saat ini traveling bukan lagi hobi, tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Oleh karenanya persiapan yang matang sengat dibutuhkan supaya perjalanan jadi makin berkesan. Selamat jalan-jalan ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait