@shutterstock

Beragam Transportasi ke Derawan

Indonesia memang gudangnya pulau-pulau cantik nan eksotis. Nah, Derawan adalah salah satunya. Lokasinya yang berada di Provinsi Kalimantan Timur ini lumayan sulit untuk dijangkau karena Anda harus meluangkan waktu setidaknya 2-3 hari untuk sampai ke sana. Berikut ada beberapa pilihan cara terbaik untuk sampai ke pulau cantik ini. Simak yuk!

Via Darat

Pilihan pertama adalah via jalur darat. Kalau Anda sudah berada di Pulau Kalimantan, tinggal naik bus dengan rute Palangkaraya, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Tanjung Redeb, Tanjung Batu. Baru setelah itu menyeberang naik speedboat ke Pulau Derawan.

Untuk lebih rincinya, pertama naiklah bus dari Banjarmasin ke Samarinda dengan kisaran harga Rp. 120.000 -150.000. Perjalanan ini butuh waktu sekitar 15 jam. Disarankan untuk pakai baju yang nyaman supaya bisa bergerak bebas dan tidur nyenyak di bus nantinya. Setelah sampai Samarinda, disambung dengan naik travel ke Tanjung Redeb dan Tanjung Batu dengan waktu tempuh sekitar 8-10 jam. Baru setelah itu tinggal menyeberang ke Pulau Derawan.

Via Udara

Perjalanan via udara sebenarnya lebih ringkas daripada via darat. Dari Jakarta Anda tinggal mencari tiket penerbangan termurah menuju Balikpapan. Dari kota ini, bisa langsung naik maskapai lokal menuju Berau atau Tarakan. Kalau sudah sampai, tinggal menyewa speedboat lalu menyeberang deh.

Oh ya, kalau Anda lewat Tarakan, jarak tempuh ke Pulau Derawannya lebih jauh sehingga butuh waktu yang lebih lama. Kalau datang bersama rombongan, jalur ini cocok sekali karena bisa menyewa speedboat pribadi.

Nikmati Pesonanya!

Meskipun perjuangan untuk sampai ke Derawan sangat panjang, semuanya akan terbayar dengan lunas. Pulau kecil ini memiliki pemandangan yang spektakuler, entah itu di bawah laut atau di daratannnya. Bagi yang suka diving, tempat ini menyuguhkan pesona bawah laut yang sangat cantik dengan air laut berwarna biru yang super keren. Kalau tidak bisa diving, Anda bisa snorkeling, kayaking, atau berenang di gua tersembunyi. Ada juga danau ubur-ubur yang pastinya sangat eksotis.

Liburan ke Pulau Derawan memang butuh niat dan kesabaran karena medan yang ditempuh cukup panjang. Tapi percayalah, kalau sudah ke sini pasti tidak mau pulang. Segera agendakan yuk!

Share artikel ini:

Artikel Terkait