©shutterstock

Inilah Mausui, Padang Sabana Indah di Flores

Flores itu seperti Afrika-nya Indonesia. Di Pulau ini, Anda bisa menemui banyak keanekaragaman yang berbaur menjadi satu. Tak hanya itu, mulai dari laut terdalam hingga puncak gunung tertinggi bisa Anda lihat di pulau ini.

Salah satu pemandangan tak biasa yang bisa disaksikan di sini adalah sabana Mausui. Sebuah padang rumput yang membentang di kawasan Perkampungan Mausui, Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur. Karena angkutan umum sangat jarang, Anda bisa menyewa motor atau mobil untuk mencapai padang rumput Mausui.

Penduduk di sekitar Mausui punya kemampuan hebat dalam berkuda. Sebagian besar masyarakat Mausui berprofesi sebagai penggembala kuda, sapi, dan kerbau. Di waktu tertentu, hewan-hewan tadi akan dilepas dan dibiarkan berlarian di sabana. Anda bisa nongkrong sebentar sambil melihat pemandangan yang tidak mungkin bisa didapatkan di kota besar, seperti Jakarta.

Di bagian lain padang sabana, ada sebuah kubangan yang biasa dipakai kerbau berendam saat matahari sedang terik-teriknya. Terkadang, kerbau-kerbau tadi juga turun ke tepi pantai untuk minum dan bermain sebentar. Kubangan Mausui adalah kubangan terbesar di Flores lho!

Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyusuri padang sabana Mausui karena padang ini luas sekali. Di tengah padang sabana, nampak siluet Gunung Inerie di kota tetangga, Kota Bajawa, yang tidak kalah seksinya dengan pemandangan alam lain di Pulau Flores.

Kalau Anda ingin beriwasata ke tempat ini, siapkan fisik dan mental yang prima supaya bisa menjelajahi setiap sudut keindahannya, karena Flores tak hanya punya padang sabana. Di kabupaten Manggarai Barat ada desa di atas gunung yang masih mempertahankan adat istiadat dan kebudayaan mereka. Di tengah lautan lepas Flores, tersimpan harta karun bawah laut yang luar biasa menakjubkan. Rasanya tidak cukup kalau hanya liburan selama satu minggu. Paling tidak, Anda butuh satu bulan untuk menuntaskan petualangan menjelajahi tanah seribu senyuman ini. Jadi, kapan mau berangkat ke Flores?

Share artikel ini:

Artikel Terkait