©shutterstock

Jangan bilang ke Bintan, Kalau Belum Mengunjungi Pantai Trikora

Tidak kalah dengan Batam, Pulau Bintan memiliki tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan. Terletak di sebelah timur Pulau Bintan di Kepulauan Riau, adalah bentangan panjang pasir putih dengan batu-batu besar tersebar yang disebut Pantai Trikora. Pesona alamnya mampu memberikan sensasi tersendiri saat liburan bersama keluarga atau pasangan.

Pantai Trikora terletak di Desa Rapat Malang, Kabupaten Gunung Kijang, Pulau Bintan. Jika memulai perjalanan dari Tanjung Pinang, maka harus menempuh perjalanan sejauh 45 mil ke arah timur. Pantai ini terdiri dari 4 bagian yaitu Trikora 1, 2, 3, dan 4. Menurut masyarakat sekitar, nama Trikora ini berasal dari nama three corral, yang diberikan oleh wisatawan asing yang saat itu berkunjung ke pantai ini. Namun ada juga yang menyebutkan, penamaan Trikora ini terkait dengan Tri Komando Rakyat. Pada saat pemerintahan Presiden Soekarno, beredar isu Ganyang Malaysia dan pantai ini merupakan kubu terluar di Indonesia pada waktu itu.

Keistimewaan Pantai Trikora ini terletak di hamparan luas pasir putih yang landai, sehingga wisatawan bisa bermain, berjemur atau melakukan olahraga seperti berlari, sepak bola, atau trekking. Di tempat ini, wisatawan juga dapat menikmati aktivitas berenang atau snorkeling dengan memanfaatkan alat-alat yang bisa disewa di lokasi. Ibu bisa juga berjalan santai di bawah pohon-pohon palem yang berjajar rapi di sepanjang pantai. Ada juga batu-batu besar yang berada di tepi sampai menjorok ke laut, yang menambah keindahan Pantai Trikora. Dari atasnya, pengunjung dapat menikmati ombak atau melihat kapal nelayan yang lewat di kejauhan. Di akhir pekan, lokasi ini ramai dengan para pemancing yang berlomba mendapatkan ikan-ikan laut yang cantik.

Capek berenang atau menyusuri Pantai Trikora, para wisatawan dapat memanfatkan kabin di sekitar pantai, hanya dengan membayar 30 ribu rupiah. Beberapa hotel ada juga yang menyediakan paket wisata menjelajahi pulau tak berpenghuni, menyelam, maupun olahraga air seperti banana boat, jet ski, atau berkano. Berwisata ke Pantai Trikora tidak lengkap jika belum memanjakan lidah dengan aneka menu seafood yang dengan mudah dapat ditemukan di sepanjang pantai. Ada juga makanan khas Sumatra, otak-otak, yang terbuat dari adonan ikan atau cumi-cumi yang dibungkus daun, kemudian dipanggang di atas api arang. Rasanya yang lezat pas dijadikan kudapan atau dinikmati dengan nasi panas mengepul. Bisa juga dibawa sebagai oleh-oleh lho.

Tunggu apalagi Bu! Segera ajak keluarga mengunjungi Pantai Trikora di Bintan ini ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait