Traveling ke Luar Negeri

Kapanpun Bisa Traveling ke Luar Negeri, Asal...

Traveling ke luar negeri hampir menjadi keinginan banyak orang. Di luar sana, ada segudang tempat menarik yang patut dijelajahi. Mulai dari timur ke barat hingga selatan ke utara. Setiap negara di bumi menyimpan pesonanya masing-masing, yang pastinya tidak bisa dirasakan kalau tidak mengunjunginya langsung.

Namun, jalan-jalan ke luar negeri butuh persiapan yang matang. Apalagi kalau Anda travelingnya membawa ransel. Oleh kerena, yuk cari tahu apa saja yang perlu dipersiapkan kalau ingin main keluar negeri.

Negara Tujuan

Sebelum mengurus dokumen, tentukan dulu negara mana yang akan dikunjungi. Perhatikan situasi keamanannya untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan. Kalau sudah fix, sekarang saatnya mengurus dokumen-dokumen penting.

Paspor, Visa, dan Tiket

Tiga dokumen ini sangat penting ketika akan traveling ke luar negeri. Untuk membuat paspor, Anda bisa mengurusnya di Dirjen Imigrasi terdekat. Kalau visa, Anda harus pergi ke kedutaan besar negara tujuan. Ada beberapa negara yang mebebaskan vias bagi pemegang paspor garuda. Ada juga yang visanya bisa diurus ketika sampai. Atau, kalau ingin pergi ke Eropa, ada visa Schengen yang bisa dipakai untuk berkeliling negara-negara di sana. Sayangnya visa ini tidak termasuk Inggris dan Swiss. Untuk tiket, ada banyak budget airlines yang menyediakan tiket murah ke berbagai negara. Jangan sampai ketinggalan promonya ya!

Perbekalan

Setelah semua dokumen beras, sekarang saatnya packing. Pertama-tama cari tahu di sana sedang musim apa. Jangan sampai salah kostum hanya gara-gara tidak tahu musim yang sedang berlangsung.

Kedua, bawa juga perlengkapan P3K sederhana seperti minyak angin, balsem, dan obat-obatan lainnya untuk berjaga-jaga. Tak ketinggalan perlengkapan keselamatan diri seperti semprotan cabe dan pisau lipat.

Ketiga, jangan sampai ransel Anda overweight kalau tidak ingin kena biaya bagasi tambahan. Bawa saja pakaian yang ringan seperti kaus, yoga pants, celana pendek, dan lainnya supaya ransel tetap nyaman saat digendong. Namun kalau pergi saat musim dingin, tidak ada pilihan selain membawa jaket tebal dan banyak baju hangat supaya tidak kedinginan.

Alat Pembayaran

Sebelum berangkat, pastikan Anda telah menukarkan uang dengan mata uang negara tujuan. Lebihkan dari anggaran aslinya untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Letakkan di banyak tempat berbeda supaya kalau ada apa-apa Anda masih punya cadangan.

Traveling ke luar negeri bisa menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Jangan sampai perjalanan Anda hancur hanya gara-gara persiapan yang kurang matang. Semoga tipsnya bisa membantu ya! Selamat traveling.

Share artikel ini:

Artikel Terkait